Agar Tidak Terasa Menyakitkan, Ini 4 Cara Menolak Lamaran Pria dengan Sopan

Bagaimana cara menolak lamaran pria agar tidak terasa menyakitkan? Simak ulasannya berikut ini.

Sama seperti menyatakan cinta, sebuah lamaran juga memiliki dua kemungkinan, yakni diterima atau ditolak. Seorang perempuan tentu berhak menerima dan menolak lamaran seorang pria. Namun tentunya ada cara menolak lamaran pria, sehingga penolakan tersebut tidak terasa terlalu menyakitkan.

Tidak jarang seorang perempuan merasa kesulitan ketika harus menolak sebuah lamaran pernikahan. Karena merasa tidak enak dengan keluarga besar pihak pria. Namun daripada menjalani pernikahan yang tidak didasari dengan rasa cinta, menolak adalah langkah yang tepat. Lantas, bagaimana cara menolak lamaran pria agar tidak terasa menyakitkan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Beri Alasan Masuk Akal Mengapa Menolak Lamaran

Ketika menolak sebuah lamaran, sebaiknya persiapkan betul-betul alasan masuk akal yang bisa diterima keluarga pihak pria. Jelaskan secara gamblang alasan tersebut, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Ungkapkan kekhawatiran yang kamu rasakan, agar semua tahu bahwa ini adalah piliha terbaikmu.

Cara Menolak Lamaran Pria dengan Sopan (via Blacan)

2. Jangan Memberi Harapan

Ketika kamu jelas-jelas tidak ingin menikah dengan orang yang melamarmu, maka sebaiknya jangan pernah terdengar atau terlihat memberi harapan. Buat keputusanmu tampak tegas, namun sopan aga tidak terjadi kesalahpahaman.

Cara Menolak Lamaran Pria dengan Sopan (via Okezone)

3. Katakan Sebelum Keluarga Besarnya Datang ke Rumahmu

Sebelum si Dia melamarmu sambil membawa keluarga besarnya, sebaiknya ajak dia bicara berdua, dan katakan perasaanmu yang sebenarnya. Sehingga dia tidak perlu membuat keluarga besarnya kecewa karena sudah datang secara formal ke rumahmu.

Cara Menolak Lamaran Pria dengan Sopan (via Dictio Community)

4. Tetap Bersikap Ramah dan Baik

Menolak sebuah lamaran pria memang bukan hal mudah. Namun bukan berarti kamu harus menolaknya dengan kata-kata kasar yang menyakitkan. Tetaplah bersikap ramah dan baik, meski lamarannya kamu tolak. Karena penolakan bisa berujung sakit hati, maka sikap yang ramah akan membuat suasana menjadi lebih nyaman untuk kedua belah pihak.

Nah, itu tadi beberapa cara menolak lamaran pria dengan sopan. Sebaik apapun cara yang dilakukan, penolakan akan selalu berujung pada kekecewaan. Tapi setidaknya sikap yang baik akan membuahkan keikhlasan.

Cara Menolak Lamaran Pria dengan Sopan (via Bincang Muslimah)