8 Jajanan Korea yang Lagi Hits, Kamu Wajib Cobain Semuanya!

Jajanan Korea yang lagi hits di Indonesia, kamu wajib cobain semuanya!

Di Korea Selatan, kamu tidak akan pernah jauh dari jajanan pinggir jalan yang lezat dengan harga terjangkau. Misalnya sate ayam panggang, sayuran goreng yang renyah, dan wafel berbentuk ikan emas dengan isian kejutan yang manis. Makanan pinggir jalan itu kini sangat populer dan bahkan jadi jajanan Korea yang lagi hits di Indonesia.

 

Jika di Korea kamu akan menikmati jajanan-jajanan itu sambil berjalan atau bercengkerama dengan penjual di sekitar kios. Di Indonesia kamu bisa menikmatinya di depan Indomart atau Alfamart, atau di dalam mall, atau di kios-kios khusus jajanan Korea.

 

Baca juga: 5 Jajanan Korea yang Populer

 

Berikut ini adalah 8 jajanan Korea yang lagi hits di Indonesia, sejak Kpop dan Kdrama populer:

1. Dak gangjeong (potongan ayam goreng berbumbu)

 

Dak gangjeong adalah makanan fusion. Potongan ayam yang empuk dilumuri saus manis dan pedas kemudian ditaburi wijen dan kacang tanah. Potongan ayam biasanya dibuat seukuran gigitan tanpa tulang. Ayam tersebut kemudian digoreng dua kali, sehingga menghasilkan kriuk yang khas. Beberapa penjual akan menawarkan versi yang ditaburi keju parmesan untuk perpaduan yang maksimal.

 

Ayam goreng saus Korea (kompas.com)

2. Mandu (pangsit)

Mandu enak dinikmati dalam bentuk apa pun. Digoreng, dikukus atau direbus. Di Korea, jajanan mandu yang paling populer justru kimchi mandu. Pangsit dengan isian kimchi, daun bawang, dan daging babi giling. Cara menikmati mandu, kamu bisa mencelupkannya ke dalam kecap dan cuka, lalu makan.

 

3. Bungeoppang dan gukhwa-ppang (wafel kacang merah)


 

Di setiap kota di Korea, kamu akan menemukan kue manis berbentuk ikan yang lucu di jalanan. Bungeoppang ini memiliki bagian luar berwarna cokelat keemasan, seperti wafel yang lembut dan renyah untuk digigit, berisi pasta kacang merah manis yang panas. Saat ini, banyak juga kios atau stand jajanan Korea yang menjual snack ini. Bahkan dengan versi fusion dengan isian seperti krim atau Nutella.

 

Baca juga: Jajanan Korea yang sering muncul di Kdrama

Bungeoppang (dreamers.id)

4. Tteokbokki

 

Tteokbokki adalah kue beras dengan saus merah-oranye cerah yang merupakan campuran air, kecap, gula, serpihan cabai merah, dan gochujang. Jajanan Korea yang lagi hits ini sepertinya makin makin hits dan menjamur di berbagai kota di Indonesia.

Kamu bahkan bisa dengan mudah membuatnya sendiri dengan membeli bahan-bahannya secara online atau offline dan mengikuti cara memasaknya di YouTube atau sosial media.

5. Gimbap

Gimbap kelihatannya memang seperti sushi gulung, tapi gimbap bisa dikatakan lebih cantik, dengan bungkus rumput laut kering (gim) dan penuh dengan rasa dan tekstur. Nasi (bap) dan rumput laut dibumbui sedikit dengan minyak wijen, dan gulungan diberi isian kimchi dan beberapa lainnya. Termasuk tuna atau daging sapi kalengan, bayam, wortel, kepiting imitasi, acar lobak, telur dan daun perilla Korea.

 

6. Odeng/Eomuk (perkedel ikan)

 

Odeng adalah kue ikan panas dan mudah dimakan yang biasanya disajikan dengan tusuk sate. Odeng memiliki tekstur yang lembut dan halus, bikin mulut nyaman mengunyahnya. Kue ikan biasanya berbentuk seperti hot dog atau pipih dan dilipat, dan tusuk sate menonjol keluar dari tong seafood yang mengepul. Odeng biasanya juga disajikan bersama kaldu yang mengandung cabai.

 

7. Hotteok (donat Korea)


 

Hotteok terkadang disebut donat Korea, tetapi lebih mirip pancake dengan isian karamel yang manis. Penjual memasak adonan ini di penggorengan datar dengan menekan bola adonan sampai berwarna cokelat keemasan. Sebelum digoreng, penjual membuat lubang di adonan dan mengisinya dengan campuran kayu manis, gula merah, dan kacang tanah, yang berubah menjadi karamel kasar saat adonan digoreng.

 

Itu tadi 8 jajanan Korea yang lagi hits di Indonesia. Kamu udah nyoba yang mana aja ges?

Hotteok (wikipedia.com)