5 Cara Alami Menyembuhkan Batu Empedu, Lebih Hemat dan Tanpa Sakit

5 Cara Alami Menyembuhkan Batu Empedu, Lebih Hemat dan Tanpa Sakit

Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan hebat di bagian kanan atas perut. Rasa sakit ini bisa menyebar ke punggung dan ke tulang belikat. Gejala lain termasuk mual, muntah, feses berwarna terang atau abu-abu, dan diare.

Meski mengalami gejala di atas, kamu tetap perlu ke dokter untuk memastikan penyakit yang kamu derita ya! Dokter nantinya akan membantumu memeriksa dan melakukan diagnosis yang benar. Mereka juga dapat memberi tahumu tentang semua opsi perawatan. Namun, jika matamu sudah menguning, demam atau menggigil, dan sakit perut hebat, jangan tunda lagi untuk melakukan perawatan medis.

Contoh batu empedu yang telah diambil (health.kompas.com)

# Cara Alami Mengobati Batu Empedu

Jika kamu sudah didiagnosis menderita penyakit batu ginjal namun belum parah, kamu bisa coba mengobatinya sendiri dengan cara alami. Namun, coba bicarakan dengan dokter dulu sebelum mencoba mengobati batu empedu sendiri. 

1. Jus apel

Beberapa orang menggunakan jus apel untuk mengobati batu empedu. Itu karena mereka percaya jus apel dapat melunakkan batu empedu dan dapat membantu mengeluarkan batu. Klaim ini telah menyebar karena surat yang diterbitkan pada tahun 1999, yang merinci kisah anekdot tentang seorang wanita yang berhasil mengeluarkan batu empedu dengan menggunakan jus apel. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini.

Minum banyak jus buah mungkin tidak sehat bagi kamu yang  menderita diabetes, hipoglikemia, sakit maag, dan kondisi lainnya.

2. Yoga

Ada beberapa klaim bahwa yoga dapat membantumu mengeluarkan batu empedu secara alami. Yoga ditemukan dalam satu studi untuk meningkatkan profil lipid pada penderita diabetes. Di tempat lain, peneliti mengamati orang dengan batu empedu kolesterol dan menemukan bahwa orang dengan jenis batu empedu ini lebih cenderung memiliki profil lipid yang tidak normal. Namun, para peneliti tidak dapat menemukan hubungan antara tingkat abnormal ini dan keberadaan batu empedu.

Sementara yoga dapat membantu meringankan beberapa gejala yang berhubungan dengan batu empedu, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan yoga untuk pengobatan batu empedu.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah suplemen kesehatan populer yang sering disertakan dalam program pembersihan. Sementara cuka sari apel mungkin memiliki efek positif pada gula darah, tidak ada penelitian yang mendukung penggunaan cuka sari apel untuk pengobatan batu empedu. Ada sedikit bukti bahwa pembersihan diperlukan atau efektif.

4. Castor Oil

Empedu manusia (klikdokter.com)

Castor oil adalah obat tradisional yang dipercaya bisa membersihkan kandung empedu. Kamu bisa mencobanya dengan menggunakan kain hangat diolesi castor oil. Kemudian letakkan di perut. Cara ini bisa menghilangkan rasa sakit dan membantu mengobati batu empedu. Meski begitu, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim bahwa perawatan ini efektif.

5. Akupunktur

Akupunktur dapat membantu meringankan beberapa rasa sakit dari batu empedu dengan mengurangi kejang, mengurangi aliran empedu, dan mengembalikan fungsi yang tepat. Akupunktur telah dilaporkan untuk mengobati batu empedu, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

Satu studi kecil dilakukan untuk melihat efek akupunktur pada kolesistitis pada 60 peserta. Kolesistitis adalah peradangan pada kantong empedu. Akupunktur ditemukan untuk meredakan gejala dan mengurangi volume kantong empedu.

Itu tadi 5 cara alami menyembuhkan penyakit batu empedu yang bisa kamu coba di rumah. Tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya!

Minyak jarak atau castor oil (tokopedia.com)