Wow, Kota Yakutsk Menjadi Kota Terdingin di Dunia, Suhunya Mencapai -50 Derajat Celcius

Wow, Kota Yakutsk Menjadi Kota Terdingin di Dunia, Suhunya Mencapai -50 Derajat Celcius

Kota terdingin di dunia yakni kota Yakutsk, Rusia, telah mencapai suhu minus 50 derajat Celcius. Namun perlu diketahui bahwa sebenarnya, suhu ini bukanlah suhu terendah.

 

Dikutip dari CNN, Selasa (17/1/2023). Kota Yakutsk di Siberia TImur punya wilayah yang luas dan menjadi tempat terdingin di dunia. Dan bulan Januari menjadi bulan terdingin di sana.

 

Walau warga di sana sudah terbiasa dengan suhu beku, orang-orang di wilayah terpencil ini melakukan tindakan pencegahan ekstra supaya tetap hangat.

 

"Anda tidak bisa melawannya. Kamu menyesuaikan dan berpakaian sesuai atau kamu menderita," kata seorang warga yang mengenakan dua syal dan beberapa lapis sarung tangan, topi dan penutup kepala kepada Reuters.

 

 

Menggunakan pakaian bertumpuk adalah kunci untuk bisa beraktivitas menurut warga di sana. Di tahun 2018, cuaca juga sempat sangat dingin hingga warga mengaku jika bulu mata mereka ikut membeku.

 

Kota Yakutsk sendiri adalah wilayah yang punya penduduk kurang dari 1 juta orang. Bisa dibilang, musim dingin di sana sangatlah ekstrem.

 

Kota Yakutsk menjadi kota terdingin di dunia (detik)

 

Namun kota itu sempat menarik perhatian dunia ketika di bulan Juli, di sana terjadi kebakaran hutan sehingga asap tebal menyelimuti kawasan di sana.

 

Para ilmuwan menyatakan keprihatinan serius tentang meningkatnya frekuensi kebakaran yang disebabkan oleh perubahan iklim di Arktik Siberia.

 

Dalam catatan detikcom, musim dingin Yakutsk yang terletak di Republik Sakha dimulai dari Oktober sampai April bersuhu sekitar -30° hingga -40°C, dan dapat turun sampai -70°C.

 

Kota Yakutsk menjadi kota terdingin di dunia (detik)