Jangan Sampai Salah! Begini Lho Cara Memilih Foundation untuk Kulit Gelap

Untuk kamu yang memiliki kulit gelap, nggak usah bingung. Kamu bisa memilih foundation dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.

Memilih foundation untuk kulit gelap memang sebuah tantangan tersendiri. Pasalnya, kamu harus memastikan warna alas bedak tersebut sesuai dengan warna kulit, sehingga foundation bisa menyatu dengan kulit tanpa membuat penampilanmu belang atau seolah memakai topeng.

Untungnya, saat ini industri kecantikan sudah meluncurkan berbagai jenis foundation yang disesuaikan dengan warna kulit setiap perempuan di dunia, termasuk untuk perempuan berkulit gelap. Meski demikian, kamu tetap perlu strategi untuk membuat kulitmu tampak flawless seharian.

Nah, untuk kamu yang memiliki kulit gelap, nggak usah bingung. Kamu bisa memilih foundation dengan menerapkan beberapa cara berikut ini. Apa saja? Yuk simak tips berikut ini! Cocok juga untuk pemula!

1. Pilih Shade Foundation yang Sesuai Warna Kulitmu

Cara memilih foundation yang pertama adalah dengan memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulitmu. Sebagaimana disebutkan di atas, saat ini sudah banyak produk yang diformulasikan khusus untuk kulit tertentu.

Saat membelinya, kamu bisa mengoleskan 3 hingga 5 shade foundation yang mendekati warnah kulitmu. Pilih yang benar-benar mirip agar saat diaplikasikan kulitmu tidak berwarna abu-abu.

Cara Memilih Foundation untuk Kulit Gelap (via CNN)

2. Campur Warna Foundation

Jika setelah mengoleskan foundation dan kamu masih belum menemukan shade foundation yang sesuai, maka kamu bisa mencampur beberapa warna foundation agar sesuai dengan kulit kamu.

Beberapa kasus membuktikan bahwa ada beberapa foundation yang tidak terlalu sesuai dengan warna kulit gelap. Nah jika hal ini terjadi saat kamu memilih foundation, coba deh dulu campurkan beberapa warna hingga mendapatkan hasil yang sesuai.

Cara Memilih Foundation untuk Kulit Gelap (via Urban Depok)

3. Jangan Lihat dari Warna Kemasan

Tidak sedikit orang yang malas mengaplikasikan foundation saat memilihnya, sehingga mereka merasa cukup dengan melihat warna kemasan saja. Padahal warna pada kemasan seringkali beda dengan warna saat digunakan pada kulit. Jika kamu baru coba-coba, sebaiknya lakukan eksperimen dulu seperti poin no 2. Sedikit effort di awal enggak masalah demi hasil yang sempurna.

Cara Memilih Foundation untuk Kulit Gelap (via Buleipotan)

4. Hindari Foundation dengan Kandungan Zinc Oxide

Ketika memilih foundation, sebaiknya hindari yang mengandung zinc oxide. Sebab, kandung tabir surya ini akan meninggalkan bekas putih abu-abu saat diaplikasikan pada kulit berwarna gelap.

Cara Memilih Foundation untuk Kulit Gelap (via BP Guide)

5. Pilih Warna Satu Tingkat Lebih Cerah

Perempuan berkulit gelap juga disarankan untuk memilih warna foundation satu tingkat lebih terang. Pasalnya, ketika diaplikasikan, maka akan teradi proses oksidasi yang membuat warnanya menjadi lebih gelap.

Nah, itu tadi cara memilih foundation untuk kulit gelap. Terapkan tips yang sudah disebutkan tadi agar riasan kamu menjadi sempurna. Dengan foundation yang tepat, pastinya riasan kamu jadi luar biasa.

Cara Memilih Foundation untuk Kulit Gelap (via Beautynesia)