Daftar Negara yang Jumlah Penduduknya Paling Sedikit di Dunia

Ini lho negara-negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Jangan ke sana, nanti tambah sesak.

Ini lho negara-negara dengan total jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Semua orang di sana kenal satu sama lain kali ya. Terus mau ke mana-mana juga ketemu pasti, "Eh, dia lagi," gitu terus sampe bosen, hehehe.

Ya nggak bosen lah, kan bisa saling kenal.

Nah, negara-negara ini punya populasi yang gak sampe satu persen aja dari negara kita. Kalo di Indonesia kan emang padet banget. Apalagi di Pulau Jawa.

Dikutip dari Liputan6.com, ini dia daftar negara yang jumlah penduduknya paling sedikit di dunia. Simak deh urutannya. Kalo kalian ke sana, bisa-bisa tambah padet aja tuh negara, hehe.

5. San Marino

San Marino adalah negara terkecil nomer 5 di dunia. Seluruh daratannya dikepung beberapa provinsi di Italia. Kecil banget emang.

Uniknya, San Marino adalah negara dengan republik konstitusional paling tua di dunia. Negara ini dibangun sejak 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab.

Sampe sekarang, negara ini cuma punya luas wilayah sebesar 61,2 kilometer persegi aja, dan jumlah penduduk yang tercatat tahun 2016 sebanyak 35 ribu jiwa aja.

San Marino, cuman seuprit gitu dibanding Italia (mapsofworld.com)

4. Tuvalu

Tuvalu adalah negara kepulauan di kawasan Oceania, Samudra Pasifik. Negara ini lumayan jauh kalo ke Hawaii atau Australia, tapi yang paling deket ya cuma itu.

Tuvalu merdeka dari Amerika Serikat tahun 1978 lalu. Karena negara ini terdiri dari lima atol karang dan empat pulau aja, luas wilayahnya jelas gak terlalu besar. 

Tuvalu yang sebelumnya bernama Kepulauan Ellice adalah rumah bagi 12.000-an warganya.

Sebagian negara Tuvalu, kalo di Google Maps kecil banget emang (whc.unesco.org)

3. Nauru

Mirip kayak Tuvalu, Nauru terletak di kawasan Oceania juga, sekitar Samudra Pasifik bagian selatan.

Negara ini dikenal dengan tambang fosfatnya yang makmur. Nauru menjadi negara independen tahun 1968 dari Australia.

Luas wilayahnya sekitar 22 kilometer persegi aja dengan total penduduk mencapai 9.322 jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2011 lalu.

Pulau Nauru, dah sekecil dan sesepi itu... (scn.wikipedia.org)

2. Monako

Monako terletak di pesisir selatan Prancis. Dia adalah negara terkecil kedua di dunia dengan luas wilayah sekitar 2 kilometer persegi aja. Kurang dikit, dikit banget.

Monako nama negaranya, ibu kotanya dan satu-satunya kota ya cuma Monte Carlo. Kota itu adalah rumah bagi orang-orang tajir di dunia.

Negara ini sukses dengan bisnis kasino. Sebagian jalanan kotanya juga digunakan buat sirkuit balapan F1. Sementara, negara ini punya populasi penduduk sekitar 33 ribu jiwa doang. Kecil ya, tapi pada tajir melintir semuwah!

Monako, kecil banget, tapi kaya rayaaa (mapsofworld.com)

1. Vatikan

Nah, kalo Vatikan adalah negara paling, paling, paling kecil di dunia. Wilayah negaranya dikelilingi kota metropolitan Roma, Italia.

Negara ini punya luas wilayah cuman 0,44 kilomeer persegi, sekitar 108 hektar aja. Negara ini punya gelar The Holy See.

Jumlah penduduknya jangan ditanya deh, sedikit banget. Populasi totalnya sekitar 800 orang aja, dan semua warganya bukanlah penduduk permanen. Negara ini punya sistem pemerintahan kegerejaan dengan Paus sebagai pemimpinnya.

Gimana, kalian mungkin pernah ke salah satu negara di atas? Jangan kelamaan di sana gengs, kalian bisa nambahin kepadatan penduduk di sana, hehehe.

Vatikan yang tampak jelas, sekelilingnya Kota Roma, Italia (stpetersbasilica.info)