5 Fakta Menarik Kelok 9 di Sumatera Barat yang Indah Banget

Beberapa fakta menarik kelo 9 di Sumatera Barat yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung kesana.

Di antara sekian banyak destinasi wisata di Indonesia, apakah kamu pernah tahu tentang fakta menarik kelok 9 di Sumatera Barat? Siapa sangka kalau jalan ini merupakan jembatan layang terindah di Indonesia.

Terletak di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, jalan ini menghubungkan Sumatera Utara dengan Riau. Kalau kamu belum pernah tahu tentang kelok 9 di Sumatera Barat. Coba cari tahu beberapa faktanya berikut ini yang bakal bikin kamu tercengang. Apa saja? Yuk simak ulasannya!

1. Penghubung Dua Propinsi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Kelok 9 merupakan penghubung dua propinsi, yakni Sumatera Barat dan Riau. Berlokasi di antara dua propinsi, tentunya banyak hal menarik yang ada di sana, mulai dari keunikan perpaduan budaya, bentang alam yang mengesankan, dan banyak hal luar biasa yang bisa kamu saksikan.

Fakta Menarik Kelok 9 di Sumatera Barat (via Wikipedia Minangkabau)

2. Dijadikan Sebagai Tempat Wisata

Sebagaimana diulas sebelumnya, lokasi ini merupakan perpaduan dua propinsi di Sumatera. Selain merupakan penghubung dua propinsi, jalur Kelok 9 di Sumatera Barat ini ternyata juga dijadikan tempat wisata. Pasalnya, banyak pengendara atau wisatawan yang mampir ke sini untuk beristirahat sambil berfoto dengan latar panorama yang indah.

Fakta Menarik Kelok 9 di Sumatera Barat (via Rumah)

3. Namanya Unik Banget

Biasanya sebuah daerah dinamakan dengan huruf, namun tidak demikian halnya dengan wilayah ini. Fakta menarik Kelok 9 di Sumatera Barat selanjutnya adalah namanya yang terdengar unik. Jalur ini diberi nama Kelok 9 bukan asal-asalan, tapi karena memang memiliki jalan yang berkelok-kelok. Bahkan jalan ini merupakan jalur perbukitan Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau. Wah, benar-benar pakai angka, lho!

Fakta Menarik Kelok 9 di Sumatera Barat (via KlikPositif)

4. Konstruksi Bangunannya Megah Banget

Meski memiliki jalur yang berkelok-kelok, tapi konstruksi bangunan Kelok 9 ini dibangun begitu megah dengan panjang 2,5 km dan ditopang oleh 30 pilar dengan ketinggian masing-masing 10-15 meter. Bahkan jalur Kelok 9 ini bisa menampung sebanyak 14.000 kendaraan per harinya. Wah, keren banget ya.

Fakta Menarik Kelok 9 di Sumatera Barat (via detikNews)

5. Berusia Lebih Dari 100 Tahun

Fakta menarik kelok 9 di Sumatera Barat yang terakhir adalah jembatan ini sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda, sekitar tahun 1908 hingga 1914. Jadi  jembatan Kelok 9 ini sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Wah, ternyata fakta menarik kelok 9 di Sumatera Barat benar-benar keren banget ya. Semoga ada kesempatan untuk menyaksikan keindahannya secara langsung ya. Yuk segera atur perjalanan menuju lokasi ini!

Fakta Menarik Kelok 9 di Sumatera Barat (via Mimbar Sumbar)