Inilah 4 Desa Terapung di Dunia, Sama Sekali Tidak Ada Daratan

Deretan desa terapung di dunia ini wajib dikunjungi. Karena selain unik, desa ini juga berbeda dengan perkampungan pada umumnya.

Pernah mengunjungi desa terapung? Banyak sekali desa terapung yang tersebar di penjuru dunia. Desa terapung merupakan salah satu bentuk pemukiman yang unik dan menarik untuk dikunjungi karena berbeda dengan perkampungan pada umumnya. Penasaran di mana saja yang ada desa terapung di dunia selain di Indonesia? Berikut informasinya:

1. Day Asan - Filipina

Desa terapung Day Asan terletak di Kota Surigau, Filipina. Dikenal sebagai little venice, desa terapung ini adalah rumah bagi 1800 orang. Di desa ini, rumah-rumah terbuat dari kayu dan terapung di atas air.

Rumah-rumah ini dibangun di atas panggung kayu atau tumpukan batu di perairan dangkal dan memiliki saluran air dan jembatan penyeberangan kecil. Penduduk desa terapung mencari nafkah dengan memancing ikan dan memelihara lobster di keramba.

Desa Terapung di Dunia (via Pixoto)

2. Ganvie - Afrika

Desa terapung selanjutnya adalah desa Ganvie yang terletak di perairan danau Nokowe, Afrika. Desa ini pertama kali dibangun pada abad ke 16 oleh orang-orang yang melarikan diri dari prajurit font yang mencoba menculiknya untuk dijadikan budak. Saat ini, desa Ganvie dihuni oleh sekitar 20.000 ribu orang orang penduduk etnis Topindo.

Selain rumah penduduk, desa ini juga memiliki sekolah, rumah sakit, toko hingga hotel terapung untuk kamu yang ingin berwisata ke tempat ini. Di Ganvie, penduduk mencari nafkah dengan menangkap ikan dan berdagang buah-buahan serta sayuran.

Desa Terapung di Dunia (via Detik Travel)

3. Halong Bay - Vietnam

Beralih ke Vietnam, disana ada perkampungan Halong. Perkampungan ini berada di teluk Ha long, hingga sering disebut Halong Bay. Ha Long sendiri berarti naga yang turun dan dipercaya melindungi teluk dari ancaman inflansi. Kini, Halong dihuni oleh sekitar 1.600 orang yang berada dalam 4 desa.

Penduduk desa bermata pencaharian sebagai penangkapan dan pembudidaya ikan. Karena kearifan budaya yang kental disana, Unesco menetapkan Halong Bay sebagai situs warisan dunia.

Desa Terapung di Dunia (via Genesis Cruises)

4. Tonle Sap - Kamboja

Di Kamboja, ada desa terapung yang terletak di danau air tawar Tonle Sap. Ratusan rumah terapung berdiri di perairan danau terbesar di Asia yang luasnya mencapai 31ribu meter persegi. Meskipun terlihat seperti pemukiman nomaden, nyatanya di desa ini telah berdiri sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, restoran, toko, bengkel perahu, hingga kantor polisi.

Penduduk yang tinggal disini sebagian besar adalah imigran dari Vietnam yang telah tinggal di Kamboja sejak tiga hingga empat generasi. Mereka menghidupi kebutuhan sehari-hari dengan memancing di perairan danau tersebut.

Itulah tadi 4 desa terapung di dunia yang terkenal. Kamu bisa mengunjungi salah satu desa terapung di atas, karena pengalaman tinggal di rumah yang berada di atas air merupakan pengalaman baru yang harus dicoba.

Desa Terapung di Dunia (via Astrindo Travel Services)