7 Rekomendasi Aplikasi Desain Kartu Ucapan yang Bisa Dipakai di Android

7 Rekomendasi Aplikasi Desain Kartu Ucapan yang Bisa Dipakai di Android

Saat perayaan hari besar, biasanya setiap orang kerap mengirimkan kartu ucapan ke rekan, saudara atau keluarga secara digital.

 

Apalagi, saat ini sudah banyak aplikasi desain kartu ucapan yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

 

Nah, jika kamu ingin membuat kartu ucapan sendiri, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi berikut ini, khususnya untuk di perangkat Android.

1. Canva

 

Canva sudah menjadi aplikasi desain yang populer, dimana para pengguna bisa membuat kartu ucapan apa saja dengan mudah.

 

Sebelum menggunakan Canva, kamu harus masuk (login) melalui Facebook atau Google terlebih dahulu. Lalu, kamu bisa memilih tema kartu ucapan apa yang ingin kamu gunakan.

 

Di Canva sudah tersedia berbagai template model kartu ucapan yang bisa kamu gunakan. Entah untuk kartu ucapan hari raya Natal, tahun baru, Idul Fitri, pernikahan dan sebagainya.

Ilustrasi aplikasi Canva (suara)

2. Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan

 

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa memudahkanmu untuk membuat kartu ucapan khusus hari Raya Idul Fitri. Kamu bisa masuk ke dalam aplikasi ini sama seperti Canva yaitu menggunakan akun Facebook atau Google.

 

Setelah memilih template yang diinginkan, kamu juga bisa mengunggah foto yang ada di galeri ponselmu. Lalu, kamu bisa menambahkan tulisan, bingkai atau berbagai efek untuk mempercantik kartu ucapan.

3. PicsArt

 

Tak cuma digunakan untuk membuat kolase foto saja, PicsArt juga bisa kamu pakai untuk membuat kartu ucapan hari perayaan besar. Di sini sudah tersedia ratusan ucapan, tema atau template, serta emoji untuk mempercantik kartu ucapan.

 

Caranya pun mudah, saat kamu berhasil login, kamu bisa mencari tema kartu ucapan apa yang dibutuhkan melalui kolom pencarian (search). Kemudian, pilih desain yang disukai. Lalu setelah diisi dengan teks, emoji dan sebagainya, kamu bisa langsung menyebarkan kartu ucapan di WhatsApp, Instagram atau Facebook.

Ilsutrasi aplikasi PicsArt (idn times)

4. Kinemaster

 

Ada lagi aplikasi Kinemaster, dimana kamu bisa membuat video maupun gambar yang berisikan ucapan hari raya. Caranya adalah tentukan dulu ukuran maupun durasi video yang dibutuhkan. Tekan tombol Next, lalu pilih gambar dan video yang ingin disunting.

 

Jika sudah selesai, kamu bisa menambah teks, lagu, emoji pada video yang sudah di edit dan menyimpannya di galeri ponsel kamu.

5. WhatsApp

 

WhatsApp juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat kartu ucapan sederhana, lho. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuka kolom percakapan pengguna lain. Lalu klik ikon gambar animasi (GIF) yang ada di antara ikon ‘emoticon’ dan ‘stiker’.

 

Lalu, masukkan kata kunci yang berkaitan dengan hari raya besar, misalnya ‘Eid Mubarak’ atau ‘Ramadhan’. Setelahnya, kamu bisa langsung memilih gambar apa yang diinginkan. Namun sayangnya, penggunaan GIF pada WhatsApp tidak bisa kamu edit sesuka hati.

6. Creative Card

 

Berikutnya aplikasi desain kartu ucapan yang bisa kamu gunakan di Android adalah Creative Card. Di sini, kamu bisa membuat berbagai kartu ucapan sekreatif mungkin dengan pilihan template yang bisa di edit sesuka hati. Mulai dari menambahkan teks, warna, gambar, tata letak kartu dan sebagainya.

Ilustrasi aplikasi Creative Card (kompas)

7. Muslim Greetings

 

Terakhir ada aplikasi bernama Muslim Greeting yang memang ditujukan untuk kamu yang butuh kartu ucapan hari Raya Idul Fitri.

 

Di aplikasi ini tersedia font berbentuk arabic, sehingga kamu bisa membuat ucapan dengan bahasa Arab. Kamu juga bisa menambahkan foto sebagai latar belakang di kartu ucapanmu.

 

 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi desain kartu ucapan yang bisa kamu gunakan di Android. Selamat mencoba!