Jauhi dari Sekarang, Ternyata Ini Lho 5 Kebiasaan Penyebab Susah Kaya

Beberapa kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab susah kaya ini ternyata masih sering dilakukan oleh banyak orang. Apa saja?

Setiap orang tentu ingin menjadi kaya raya agar bisa hidup nyaman tanpa terbebani masalah finansial lagi. Namun sayangnya, tanpa disadari masih banyak orang yang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab susah kaya. Kalau kamu ingin kaya, coba jauhi beberapa kebiasaan berikut ini!

1. Ketagihan Pakai Paylater dan Kartu Kredit

Hal pertama yang membuat kamu susah kaya adalah terlalu banyak menggunakan paylater dan kartu kredit. Menggunakan dua sistem pembayaran ini memang memudahkan kamu untuk memiliki suatu barang. Namun sayangnya, kebiasaan tersebut membuat kamu susah kaya karena gajimu akan habis untuk membayar hutang setiap bulannya.

Penyebab Susah Kaya (via Yoursay)

2. Mengandalkan Gaji

Gaji memang wajib disyukuri, tapi untuk menjadi kaya tentu tidak cukup hanya dengan mengandalkan gaji. Kamu harus mencari penghasilan tambahan di luar gaji yang bisa kamu gunakan untuk menabung atau berinvestasi.

Penyebab Susah Kaya (via Akurat)

3. Terlalu Konsumtif

Kebiasaan selanjutnya yang membuat kamu susah kaya adalah karena kamu memiliku gaya hidup boros dan konsumtif. Kalau kamu memiliki kebiasaan ini, maka kamu akan susah kaya. Seberapa besar pun gajimu, kamu akan tetap sulit untuk menabung.

Penyebab Susah Kaya (via Wolipop)

4. Tidak Menjaga Kesehatan

Kamu pernah tahu kan kabar artis yang jatuh miskin setelah hartanya habis untuk berobat. Nah kalau kamu tidak menjaga kesehatanmu, maka kamu bisa bernasib sama. Karena itu sebaiknya jaga kesehatan dengan cara mengurangi gula, lemak, santan, dan lain sebagainya.

Penyebab Susah Kaya (via Alodokter)

5. Tidak Sadar pada Pengeluaran Kecil

Pengeluaran kecil memang seakan-akan tidak akan menghabiskan isi rekeningmu. Tapi jika kamu melakukannya setiap hari, maka pengeluaran kecil tersebut jika dijumlahkan maka totalnya akan semakin besar. Maka dari itu, mulai sekarang perhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak seberapa penting agar kamu jadi cepat kaya.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab susah kaya. Mulai jauhi kebiasaan-kebiasaan tadi agar impianmu untuk menjadi kaya raya terwujud segera.

Penyebab Susah Kaya (via Pengadaan)