Daerah Asal Fajar ‘Sad Boy’, Ini 4 Fakta Menarik Kota Gorontalo yang Perlu Kamu Tahu

Tahukah kamu bahwa ada sejumlah fakta menarik Kota Gorontalo yang membuatnya berbeda dari daerah lain? Yuk cari tahu lewat ulasan berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ada sejumlah fakta menarik Kota Gorontalo yang membuatnya berbeda dari daerah lain? Kawasan yang menjadi daerah asal Fajar "Sad Boy', remaja yang kini tengah viral lantaran dicampakkan oleh kekasihnya, ini ternyata memiliki sejumlah daya tarik belum banyak orang tahu.

Selain memiliki banyak tempat wisata, Gorontalo ternyata juga memiliki berbagai cerita menarik lainnya yang membuat banyak orang penasaran. Informasi ini jelas sangat penting bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke kawasan tersebut. Penasaran kan tentang daerah ini? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

1. Kota Tertua

Menurut sejarah, Kota Gorontalo terbentuk sekitar 400 tahun yang lalu. Dengan demikian, Gorontalo termasuk kota tertua di Pulau Sulawesi. Bahkan Gorontalo merupakan salah satu pusat penyebaran agama islam di Indonesia Timur, selain Ternate dan Bone. Informasi ini juga telah tercatat dalam buku sejarah berdasarkan jejak-jejak yang ditinggalkan oleh kerajaan dan masyarakat zaman dulu.

Fakta Unik Kota Gorontalo (via Pesona Travel)

2. Asal Mula Nama Gorontalo

Penamaan wilayah ini ternyata bukan asal-asalan dan memiliki sejarah yang sarat makna. Nama Gorontalo awalnya bermula dari kata Gowa Lontalengo yang berarti orang Gowa yang melancong. Barulah kemudian nama Gowa Lontalengo berubah menjadi Hulontalangi, dan orang Belanja menyebutnya dengan Gorontalo. Wah ternyata penuh sisi historis, ya!

Fakta Unik Kota Gorontalo (via PinHome)

3. Dijuluki Serambi Madinah

Selama ini D.I Aceh dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah. Namun tahukah kamu bahwa ada kota lain yang ternyata juga memiliki julukan berdasarkan Tanah Suci? Inilah yang menjadi fakta unik Gorontalo yang ketiga. Kota ini mendapat julukan sebagai Serambi Madinah. Sebutan ini muncul bukan tanpa sebab, melainkan sebagai manifestasi nilai adat hingga nilai kesopanan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Gorontalo.

Fakta Unik Kota Gorontalo (via Wikipedia)

4. Terdapat Benteng Otanaha Gorontalo

Buat kamu yang pernah berkunjung ke Gorontalo pasti tahu kalau di Gorontalo terdapat Benteng Otanaha. Tempat ini merupakan tempat favorit para wisatawan dan menjadi cagar budaya di Gorontalo.

Menurut sejarah, Benteng Otanaha sebelumnya dibangun sebagai wujud kerjasama antara Portugis dengan Raja Gorontalo yang tengah berkuasa pada 1505 – 1585. Namun sayangnya Portugis berkhianat, dan akhirnya Raja Gorontalo mengumpulkan penduduk Gorontalo untuk mengusir Portugis dan merebut benteng tersebut.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik Gorontalo yang merupakan daerah asal Fajar “Sad Boy”. Kalau kamu pernah berkunjung ke Gorontalo belum? Jika belum, yuk jadikan kunjungan ke Gorontalo sebagai salah satu wishlist tahun ini? Dijamin kamu takkan menyesal!

Fakta Unik Kota Gorontalo (via Traverse)