4 Mitos Tentang Perawatan Rambut, Kamu Percaya Nggak?

Sebagai orang awam, kamu enggak harus selalu mempercayai semua mitos yang ada, salah satunya yaitu mitos tentang perawatan rambut.

Mitos tentang perempuan memang seakan enggak ada habisnya. Kali ini mitos tentang perawatan rambut. Namun sebagai orang awam, kamu nggak harus mempercayai mitos-mitos ini karena memang belum terbukti kebenarannya. Penasaran kan apa saja yang termasuk mitos tentang perawatan rambut yang beredar? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini datanya.

1. Sering Memotong Rambut Bikin Rambut Lebih Cepat Tumbuh

Mitos tentang perawatan rambut yang pertama adalah seringnya memotong rambut akan membuat rambut lebih cepat tumbuh. Padahal, tidak ada hubungannya antara memotong rambut dengan folikel kulit kepala.

Cepat dan lambatnya pertumbuhan rambut sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan makanan yang dikonsumsi. Jadi sesering apapun kamu memotong rambut, tidak akan berpengaruh apa-apa pada pertumbuhannya.

Mitos Tentang Perawatan Rambut (via Republika)

2. Mencabut Uban akan Membuat Rambut Semakin Beruban

Uban muncul karena produksi melanin berhenti, sehingga tidak ada hubungannya antara mencabut uban dengan pertumbuhan uban yang lain. Namun kebiasaan mencabut sebaiknya dihindari karena akan membuat akar rambut menjadi lemah.

Mitos Tentang Perawatan Rambut (via Suara)

3. Terlalu Sering Keramas Bisa Menyebabkan Rambut Rusak

Mitos tentang perawatan rambut selanjutnya adalah terlalu sering keramas akan menyebabkan rambut rusak. Padahal keramas bertujuan untuk membersihkan kotoran yang ada pada rambut, jadi sebenarnya tidak ada hubungannya antara seringnya keramas dengan kekuatan akar rambut. Namun yang perlu diperhatikan adalah keramas secara berlebihan akan membuat rambut kehilangan minyak alami. Jadi disarankan untuk keramas dua hari sekali secara teratur.

Mitos Tentang Perawatan Rambut (via Liputan6)

4. Menyisir Rambut 100 Kali Sehari dapat Menyehatkan Rambut

Kamu pernah mendengar mitos perawatan rambut yang satu ini nggak? Adakah orang yang sempat menyisir rambutnya sebanyak 100 kali? Kalau kamu termasuk salah satunya, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya terlalu sering menyisir rambut akan merusak kutikula, sehingga risiko kerusakan rambut akan semakin tinggi.

Nah, itu tadi empat mitos tentang perawatan rambut yang masih sering terdengar. Kalau kamu percaya atau nggak? Agar lebih aman, sebaiknya kamu mengikuti saran para ahli kesehatan rambut, ya!

Mitos Tentang Perawatan Rambut (via Lifestyle Okezone)