Pariwisata Kembali Normal, Ini Tips Liburan Akhir Tahun Biar Enggak Kalap Pasca Pandemi

Yuk ikuti tips liburan akhir tahun berikut ini biar enggak kalap pasca pandemi. Dijamin tetap aman dan nyaman selama berlibur.

Liburan akhir tahun memang menjadi momen yang dinanti. Pasalnya pariwisata kini sudah kembali pulih pasca pandemi, yang artinya bisa menjadi kesempatan kamu untuk menghabiskan akhir tahun dengan traveling besama orang-orang tersayang. Bagi kamu yang ingin traveling, yuk ikuti tips liburan akhir tahun biar enggak kalap pasca pandemi.

Namun meski kondisi pandemi covid-19 sudah terus membaik, jangan kalap ya. Tetap jaga kondisi kesehatan kamu, agar liburan kamu bisa terlaksana dengan lancar dan bahagia. Biar liburan kamu makin seru, simak tips liburan akhir tahun pasca pandemi yang aman dan menyenangkan berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewat ya.

1. Lengkapi Vaksin Covid-19

Saat ini, pemerintah telah menetapkan aturan bagi pelaku perjalanan untuk semua transportasi. Jadi, pastikan kamu sudah mendapatkan vaksin Ke-3 atau booster baik pada perjalanan dalam negeri maupun luar negeri. Dengan begitu, perjalananmu tidak akan bermasalah. Hal ini tentu dilakukan demi kenyamanan bersama kok.

Tips Liburan Akhir Tahun Pasca Pandemi (via Puskesmas Banjar I)

2. Persiapkan Segala Macam Dokumen

Ketika liburan, siapkan semua dokumen yang diperlukan seperti paspor dan visa untuk kamu yang akan berlibur ke luar negeri, dan kartu identitas seperti KTP atau SIM untuk perjalanan dalam negeri.

Dan tentunya jangan lupakan tiket kendaraan dan kartu vaksin atau aplikasi peduli lindungi bagi kamu yang naik moda transportasi umum.  Hal ini penting dipersiapkan betul-betul di rumah, agar saat liburan perjalanan kamu tidak akan terhambat.

Tips Liburan Akhir Tahun Pasca Pandemi (via Travel Kompas)

3. Tentukan Jadwal Perjalanan

Selain vaksin dan dokumen, jangan lupa menentukan jadwal perjalanan. Pastikan kamu ingin liburan kapan, ke mana, dan berapa lama, sehingga kamu bisa mempersiapkan liburan dengan sebaik-baiknya mulai dari barang yang dibawa hingga budget liburan. Dengan begitu kamu sudah tahu mau ke mana saat sampai di tempat tujuan, dan bisa memperkirakan berapa biaya yang dihabiskan untuk liburan.

Tips Liburan Akhir Tahun Pasca Pandemi (via Travel Tempo)

4. Siapkan Budget Liburan

Traveling di akhir tahun adalah hal yang menyenangkan. Tapi jangan sampai liburan kamu menjadi mimpi buruk karena kamu kekurangan dana di tengah liburan. Jadi sebaiknya alokasikan budget untuk liburan akhir tahun yang sesuai dengan kemampuanmu. 

Bagi anggaran menjadi beberapa pos, agar kamu tidak kalap saat berbelanja di tempat wisata. Jangan berlebihan, hal terpenting bukan mahalnya harga tapi kepuasaan kamu selama berlibur.

Nah, itu tadi beberapa tips liburan akhir tahun biar enggak kalap pasca pandemi covid-19. Terapkan tips-tips tadi ya, agar liburan kamu tetap aman dan menyenangkan.

Tips Liburan Akhir Tahun Pasca Pandemi (via CNN Indonesia)