Bisa Isi Liburan Akhir Tahun! Perhatikan 3 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengajak Anak Camping

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengajak anak camping. Apa saja, yuk cari tahu!

Akhir tahun segera tiba, itu artinya waktu liburan akan semakin dekat. Mengisi liburan akhir tahun dengan mengajak camping sekeluarga tentu bukan ide yang buruk. Tapi jangan dadakan, karena ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengajak anak camping[1].

Hal ini bertujuan agar aktivitas camping nantinya berjalan lancar. Apalagi kalau camping adalah pengalaman pertama si Kecil.

Kalau kamu memang berencana camping bersama keluarga dan anak, catat dengan benar ya beberapa hal sebelum mengajak anak camping berikut ini agar rencana camping kamu menjadi menyenangkan.

1. Ketahui Kemampuan Anak

Sebelum mengajak anak camping, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu kemampuan anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Selain itu, cari tahu juga apakan anak-anak memiliki kemampuan merespon sesuatu dengan cepat atau mengatakan yang diinginkan.

Karena jika anak tidak dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau tidak merespin sesuatu dengan cepat, maka camping hanya akan menjadi pengalaman buruk baginya

Tips Mengajak Anak Camping (via Popmama)

2. Berikan Gambaran Camping Pada Anak

Sebelum pergi camping, sebaiknya jelaskan terlebih dahulu pada anak gambaran sebenarnya tentang camping. Kamu bisa menunjukkannya melalui channel YouTube atau siara TV.

Dengan begitu, mereka akan melihat tenda, suasana alam di sekitar tenda, bagaimana kondisi di dalam tenda, dan masih banyak lagi. Jadi si Kecil akan lebih siap saat camping nanti.

Tips Mengajak Anak Camping (via Phinemo)

3. Pilih Tempat Camping yang Nyaman

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mengajak anak camping adalah dengan memilih tempat camping yang nyaman. Sekarang sudah banyak tempat-tempat camping yang menyediakan banyak fasilitas bagus demi kenyamanan pada peserta camping. Misalnya seperti toilet yang bersih, tempat berteduh saat hujan, dan ada tempat bermain anak.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengajak anak camping. Persiapkan semua dengan benar, agar si kecil memiliki pengalaman camping yang menyenangkan.

Tips Mengajak Anak Camping (via Si Momot)