Pantai-pantai Angker di Indonesia, Ternyata Nggak Cuma Pantai Selatan Lho

Pantai angker di Indonesia dikenal menyeramkan. Ternyata nggak hanya Pantai Selatan.

Beberapa kawasan Pantai Selatan di Jawa terkenal sebagai pantai angker di Indonesia seperti Pantai Parangkusumo di Yogyakarta, Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat, dan Pantai Pasir Putih Malikan di Jember, Jawa Timur. Ketiga pantai itu konon ada hubungannya dengan kerajaan gaib Pantai Selatan yang identik dengan Gusti Kanjeng Ratu Kidul.

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki wilayah laut lebih besar dari daratan. Alhasil banyak pantai-pantai di Indonesia yang jadi tempat pariwisata. Juga ada beberapa pantai yang terkenal dengan kisah mistisnya, selain Pantai Selatan tadi. Yuk disimak beberapa pantai angker yang ada di Indonesia selain Pantai Selatan.

Pantai Panrang Luhu

Pantai Panrang Luhu ada di Sulawesi Selatan. Pantai Panrang Luhu memang memiliki pesona alam yang indah. Tetapi jangan salah, kalau dibalik keindahannya ada cerita yang menyeramkan. Menurut warga setempat di Pantai Panrang Luhu terdapat sosok Ratu Sang Kawana yang menjadi penguasa di sana.

Ratu Sang Kawana semasa hidup jatuh cinta dengan anaknya namun dilarang karena pantangan tradisi setempat. Ibu dan anak yang saling jatuh cinta itu pun terusir dan konon kini mendiami kawasan pantai tersebut. Konon mereka menyimpan dendam dan tak segan untuk menenggelamkan orang yang berenang di pantai itu.

Pantai Padang Galak

Pantai Padang Galak juga menjadi salah satu pantai angker di Indonesia. Pantai angker di Indonesia. Pantai ini berada di kawasan Denpasar, Bali. Di pantai ini juga memiliki sosok gaib penunggu yang konon suka menarik wisatawan yang berenang dan dimasukkan ke dalam pusaran laut yang dalam. Para korban yang tenggelam diduga akan jadi budak sosok gaib itu.

Pantai Batu Lubang

Pantai Batu Lubang ada di Papua, tepatnya di Kabupaten Sorong. Pantai ini memang punya keindahan seperti pantai-pantai di Papua lainnya. Nama pantai ini terinspirasi dari batu karang berlubang di pantai yang membentuk gapura. 

Bagi wanita yang sedang hamil disarankan untuk tidak berjalan di muara pantai ini karena bisa alami kecelakaan. Di pantai ini selain ada pasir putih juga ada pasir warna hitam yang muncul secara misterius. 

Pantai-pantai Angker di Indonesia, Nggak Cuma Pantai Selatan Lho (Celebes ID)

Pantai Slamaran

Kembali ke Pulau Jawa kali ini bagian utara, tepatnya di daerah Pekalongan, Jawa Tengah ada Pantai Slamaran. Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat Jawa, jika laut selatan dikuasai oleh Kanjeng Ratu Kidul, Laut Utara  Jawa memiliki penguasa yang bernama Dewi Lanjar . Dewi Lanjar semasa hidupnya merupakan sosok wanita cantik yang kehilangan suaminya di usia yang masih muda.

Konon menurut masyarakat sekitaran pantai utara, sosok Dewi Lanjar kerap menampakan diri di Pantai Slamaran, Pekalongan, Jawa Tengah. Kemunculannya mirip dengan Kanjeng Ratu Kidul yang didampingi beberapa pengawalnya.   Tak sedikit orang yang menjalani pesugihan Dewi Lanjar. 

Ritual yang biasanya dijalankan pengikut Dewi Lanjar di salah satu  pantai angker di Indonesia antara lain berpuasa pada malam Jumat Kliwon. Dalam proses berpuasa sebaiknya saat sahur dan buka puasa harus mengkonsumi minuman dan makanan berwarna hitam, semisal kopi hitam atau ketan hitam. Warna hitam memang identik dengan para pengikut Dewi Lanjar. Seseorang yang mengikuti ritual di padepokan menggunakan pakaian serba hitam dan membawa persembahan yang berwarna hitam, termasuk sesaji bunga hitam.

Pantai-pantai Angker di Indonesia, Nggak Cuma Pantai Selatan Lho (idntrip.com)