4 Fakta Tentang Sedot Lemak yang Perempuan Harus Tahu, Bikin Penasaran Deh!

Kaum perempuan wajib mengetahui fakta tentang sedot lemak yang ternyata selama ini belum banyak diketahui orang.

Sedot lemak adalah treatment kecantikan yang dilakukan untuk menghilangkan lemak. Umumnya lemak yang dihilangkan pada bagian pinggul, perut, paha, punggung, lengan, dan wajah.

Namun ada beberapa fakta tentang sedot lemak yang ternyata belum banyak diketahui orang. Kalau kamu punya rencana untuk melakukan sedot lemak, coba ketahui beberapa fakta berikut ini agar kamu lebih paham. Apa saja?

1. Sedot Lemak Bukan untuk Menguruskan Badan

Banyak yang beranggapan bahwa sedot lemak adalah salah satu cara untuk menguruskan badan, padahal anggapan ini salah. Melansir Health Grades melalui Kompas, “liposuction” adalah kata medis untuk menghilangkan lemak, tetapi ini bukan untuk menurunkan berat badan.

Faktanya orang yang akan menjalani sedot lemak harus memiliki berat badan ideal atau setidaknya 30 persen dari berat badan ideal. Tujuan dari sedot lemak sendiri untuk menghilangkan lemak yang tidak bisa dihilangkan dengan olahraga atau diet.

Fakta Tentang Sedot Lemak (via Hello Sehat)

2. Melalui Proses Konsultasi

Sebelum melakukan sedot lemak, pasien wajib berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan. Umumnya dokter akan menyarankan sedot lemak pada pasien yang memiliki penyakit jantung, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jika disetujui melakukan sedot lemak, maka dokter akan menyarankan untuk tidak meminum obat-obatan seperti pengencer darah dan obat penghilang sakit untuk beberapa minggu sebelum operasi.

Fakta Tentang Sedot Lemak (via Suara)

3. Melakukan Persiapan

Sebelum melakukan sedot lemak, pasien harus memenuhi kriteria yang diwajibkan, yaknidalam kondisi sehat, tidak merokok, memiliki kulit yang kuat, serta berat badan yang ideal.

Fakta Tentang Sedot Lemak (via Liputan6)

4. Risiko yang mungkin timbul

Melansir Haibunda, beberapa orang yang melakukan sedot lemak, setelah ada yang mengalami pendarahan, komplikasi dari anestesi, infeksi, terhambatnya aliran darah, luka bakar, adanya kantong pembentukan cairan di bawah kulit, dan mati rasa. Bahkan yang lebih buruk, bisa juga terjadi kerusakan saraf, pembuluh darah, otot, paru-paru, dan organ perut.

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang sedot lemak yang wajib diketahui sebelum melakukannya. Setelah melakukan sedot lemak, disarankan pasien untuk mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, dan berolahraga secara teratur.


 

Fakta Tentang Sedot Lemak (via YesDok)