Ini Dia 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Cas Handphone, Jangan Sampai Terulang!

Ini Dia 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Cas Handphone, Jangan Sampai Terulang!

Mengisi ulang baterai handphone menjadi aktivitas yang sering dilakukan. Tapi ternyata, para pengguna sering melakukan kesalahan dalam mengecas ponsel mereka tanpa disadari. Dan ini bisa memicu ponsel yang terbakar atau meledak.

 

Supaya hal buruk ini tidak terjadi, berikut adalah 5 kesalahan dalam mengecas handphone yang patut dihindari.

1. Menggunakan adaptor charger yang tidak sesuai

 

Setiap merk ponsel tentunya memiliki spesifikasi charger yang berbeda-beda. Maka itu, penting untuk menggunakan adaptor yang sesuai tipe handphone.

 

Jika memakai adaptor yang berbeda dari tipenya, biasanya charger tersebut punya voltase yang tinggi sehingga ini bisa berbahaya pada ponsel.

Beberapa kesalahan saat mengecas handphone yang tak disadari (detikinet)

2. Mengisi daya hingga penuh

Banyak penelitian yang mengatakan jika mengisi daya baterai sebaiknya jangan sampai 100%, tapi cukup hingga 80% saja. Sebab, bila kamu mengisi baterai hingga penuh, maka ini bisa menguras kapasitas baterai yang asli menjadi lebih cepat.

3. Menggunakan stop kontak yang tidak aman

 

Stop kontak yang tidak aman juga bisa memicu terjadinya kerusakan ponsel akibat kebakaran. Maka itu, pastikan kamu menggunakan stop kontak yang tidak rusak. Sebab jika mencolokkan pada stopkontak yang tidak baik kondisinya, ini akan membahayakan ponsel kamu.

Beberapa kesalahan saat mengecas handphone yang tak disadari (republika)

4. Mengisi baterai saat ponsel sedang digunakan

 

Berikutnya, kebiasaan menggunakan ponsel saat digunakan adalah hal yang bisa merusak baterai. Maka itu, jika kamu sedang mengisi baterai, hindari untuk tidak menggunakan ponsel sesering mungkin.

5. Mengisi baterai saat suhu di sekitar ponsel terlalu panas atau terlalu dingin

 

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa membuat baterai cepat rusak. Maka itu, isilah baterai ponsel di suhu ruangan yang tak terlalu panas atau terlalu dingin. 

Beberapa kesalahan saat mengecas handphone yang tak disadari (republika)