Gak Perlu Diet atau Minum Ramuan, Berikut Cara Alami Membersihkan Darah dari Racun

Gak Perlu Diet atau Minum Ramuan, Berikut Cara Alami Membersihkan Darah dari Racun

Darahmu bertanggung jawab untuk mengangkut segala macam bahan ke seluruh tubuh. Dari oksigen, hormon, faktor pembekuan, gula, lemak, dan sel-sel sistem kekebalan.

Untuk menjaga darahmu tetap bersih. Kamu sebenarnya tidak perlu berinvestasi dalam diet pembersihan yang mahal atau membeli banyak suplemen detoks.

Hati dan ginjalmu sudah melakukan pekerjaan yang baik untuk memurnikan darah dengan membuang dan memecah limbah. Jadi, cara terbaik untuk membersihkan darah secara alami adalah dengan melakukan segala cara yang bisa membantu organ-organ penting ini berfungsi paling efisien.

Nah, berikut ini daftar makanan dan herbal terbaik yang bisa membantu menjaga organ-organ tubuhmu agar tetap kuat dan sehat.

# Makanan yang Baik untuk Detoks

Tidak ada satu pun makanan ajaib yang akan membantu organmu mendetoksifikasi darah. Kamu tetap perlu diet sehat secara keseluruhan yang mencakup banyak buah dan sayuran untuk mulai melakukan detoks.

Makanan berikut secara khusus telah terbukti secara positif mempengaruhi kemampuan hati dan ginjal untuk membersihkan dan menyaring limbah dan racun dari darah:

1. Air Putih

Sejauh ini cara terbaik untuk meningkatkan kinerja ginjal adalah dengan minum cukup air. Ginjalmu bergantung pada air untuk membantu mereka menghilangkan limbah dari tubuh. Air juga membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka sehingga darah dapat bergerak dengan bebas. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

2. Sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol, kubis Brussel

Sayuran cruciferous (yang disebutkan di atas) sering direkomendasikan untuk penderita penyakit ginjal. Mereka tinggi antioksidan dan sangat bergizi. Mereka telah ditunjukkan untuk mengurangi risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker ginjal.

Plus, mereka sangat serbaguna. Kamu bisa memakannya mentah, dikukus, dipanggang, dipanggang, atau sebagai bagian dari sup.

3. Bluberi

Buah blueberi sangat tinggi antioksidan, sehingga ia dapat melindungi hati dari kerusakan. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa blueberry utuh dapat membantu menjaga kesehatan hati.

Kamu bisa mengemil blueberry segar atau beku, atau mencampurnya ke dalam yogurt, oatmeal, atau smoothie.

4. Cranberry

Sayuran cruciferous (tirto.id)

Cranberry sering disebut-sebut karena manfaat saluran kemihnya. Mereka telah terbukti mencegah bakteri menempel pada saluran kemih, yang pada gilirannya membuat ginjalmu bebas dari infeksi.

Kamu bisa menambahkan segenggam cranberry segar ke oatmeal, smoothie, atau bahkan salad.

5. Kopi

Minum kopi memiliki efek perlindungan pada hati. Studi menunjukkan bahwa minum kopi menurunkan risiko sirosis pada orang dengan penyakit hati kronis dan juga dapat mengurangi risiko terkena kanker hati.

Kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah pada orang dengan penyakit hati kronis dan respons yang lebih baik terhadap pengobatan antivirus pada orang dengan hepatitis C. Manfaatnya mungkin karena kemampuan kopi untuk mencegah akumulasi lemak dan kolagen di hati.

6. Bawang putih

Bawang putih menambahkan rasa yang luar biasa untuk hidangan apa pun, baik mentah atau dalam bentuk bubuk. Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darahmu. Tekanan darah tinggi dapat membahayakan pembuluh darah di ginjal, jadi ada baiknya untuk tetap mengontrolnya.

7. Jeruk bali

Buah cranberry yang baik untuk ginjal (hellosehat.com)

Jeruk bali kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengendalikan peradangan dalam tubuh. Sebagian besar penelitian yang melihat efek komponen jeruk bali telah dilakukan pada hewan, tetapi hasilnya menjanjikan.

Studi ini telah menemukan bahwa antioksidan yang terkandung dalam jeruk bali dapat membantu melindungi hati dari cedera dan efek berbahaya dari alkohol.

8. Apel

Apel mengandung serat larut dalam jumlah tinggi yang dikenal sebagai pektin. Serat larut membantu mengatur kadar gula darahmu. Karena gula darah tinggi dapat merusak ginjalmu, apa pun yang membantu menjaganya tetap terkendali akan memiliki efek positif tidak langsung pada kesehatan ginjal. Apel bisa jadi camilan yang enak, terutama dengan sedikit selai kacang.

Itu tadi 8 makanan yang bisa membersihkan darahmu dari berbagai zat atau racun yang berbahaya bagi organ tubuh. Ingat untuk mencoba mempraktikkan beberapa di antaranya secara rutin. Tak hanya satu jenis saja. 

Salam sehat!

Buah jeruk bali bisa jadi makanan detoks (humboldt.global)