Sempat Diledek Bergaji Kecil, Ternyata Segini Gaji Bulanan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Wali Kota Solo yang Tak Pernah Diambil

Sempat Diledek Bergaji Kecil, Ternyata Segini Gaji Bulanan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Wali Kota Solo yang Tak Pernah Diambil

Kakak dari Kaesang Pangarep sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pernah terang-terangan beberkan gajinya sebagai Wali Kota. Hal itu ia lakukan lantaran Kaesang pernah mengejek jumlah gajinya yang dibilang kecil.

Wali Kota Solo yang menjabat sejak Februari 2021 tersebut ternyata menerima gaji sekitar Rp6 juta tiap bulannya.

"Emang kecil (gajinya), 6 jutaan," ungkap Gibran Rakabuming.

Menariknya, anak pertama Presiden Jokowi tersebut tidak pernah mengambil haknya tersebut. Apa alasannya ya?

Menurut pengakuan dari Gibran sendiri, alasan ia tidak mau mengambil gajinya sebagai Wali Kota Solo adalah demi kepentingan rakyat.

Upacara pelantikan dan sumpah jabatan Wali Kota Solo (sosok.grid.id)

"Kita kan setiap hari banyak bertemu dengan warga ya dengan berbagai permasalahannya, ada yang dari enggak bisa bayar pengobatan rumah sakit, enggak bisa ngambil SPP, enggak bisa beli susu beli ini ya, otomatis harus kita intervensi dulu," ucap Gibran.

Potret Gibran dan Selvi (liputan6.com)

Gibran punya mengungkapkan bahwa dirinya tak masalah jika harus terus menyumbangkan gajinya untuk rakyat.

"Tapi kan ya sekali lagi saya pindah dari swasta ke sini (jadi Wali Kota Solo) tujuannya bukan untuk cari uang, saya kan juga sudah 10 tahun di swasta ya saya kira sudah cukup, sudah saatnya gantian saya yang membantu yg lain, gitu aja," ujar Gibran Rakabuming.

Diketahui, selain menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming juga masih menjalani bisnisnya di beberapa bidang. Ia bahkan mengaku tak masalah jika harta kekayaannya yang dilaporkan ke pihak berwenang diketahui banyak orang. 

Gibran dan Kaesang (gesuri.id)