5 Cara Mengatasi Kulit Kusam, Ritual Wajib untuk Tampil Cantik Lebih Lama

Banyak cara mengatasi kulit kusam yang bisa kamu gunakan agar wajahmu menjadi cerah bercahaya. Yuk simak ulasan berikut ini!

Mengatasi kulit kusam kadang memang bukan hal mudah. Sudah berbagai cara dilakukan namun hasilnya tak kunjung terlihat. Penggunaan produk mahal juga kadang tak memberikan perubahan signifikan.

Faktanya, kulit kusam bisa terjadi karena banyak faktor, bisa dari pola hidup ataupun lingkungan. Nah, supaya lebih cerah bercahaya, rutin melakukan eksfoliasi merupakan salahsatu cara untuk mengatasinya. Lebih jelasnya, coba simak tips-tips di bawah ini:

 

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk yang menjadi penyebab kulit kusam. Eksfoliasi juga dapat membuat warna kulit jadi satu tingkat lebih cerah.

Fungsi lain dari eksfoliasi adalah dapat meremajakan kulit, mengurangi produksi minyak, dan membersihkan pori-pori sehingga mencegah komedo atau jerawat. Kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah secara rutin setiap 2-3 kali dalam seminggu menggunakan scrub dengan butiran lembut atau menggunakan exfoliate serum. 

Mengatasi Kulit Kusam (via Beauty Journal Sociolla)

2. Memakai Sunscreen


Penting untuk memakai sunscreen meski kamu hanya berkegiatan di dalam ruangan. Selain mencegah kulit kusam, menggunakan sunscreen juga bermanfaat menjaga elastisitas kulit.

Pilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu. Ulangi pemakaian setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal saat kamu beraktivitas di luar ruangan.

Mengatasi Kulit Kusam (via Dream)

3. Hidrasi

Kulit kusam bisa disebabkan karena kulit kurang terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik memiliki kadar air yang cukup baik di lapisan epidermis dan di permukaan, sehingga kulit menjadi lembab, cerah, kenyal, dan bercahaya. Karena itu, penting untuk menghidrasi kulit menggunakan produk skin care yang mengandung bahan seperti hyaluronic yang mampu mengikat air dikulit.

Mengatasi Kulit Kusam (via Suara)

4. Tidur Cukup

Tidur dengan cukup minimal 8 jam setiap malam dapat membantu menghilangkan kulit kusam. Orang yang kurang tidur, kulitnya akan tampak lelah, kusam, dan muncul mata panda. Karena itu, Usahakan memiliki waktu tidur cukup dan berkualitas dan juga tidak sering begadang.

Mengatasi Kulit Kusam (via Hello Sehat)

5. Gunakan Masker Wajah

Kamu juga bisa mengatasi kulit kusam dengan rutin memakai masker. Kamu bisa menggunakan masker wajah hingga 3 kali seminggu. Kandungan serum dalam masker wajah akan membuat kulitmu tampak lebih bersinar. Gunakan masker yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter atau yang mengandung bahan pelembab dan pencerah lainnya. Sesuaikan kandungan masker dengan kebutuhan kulitmu.

Cobalah cara di atas untuk mengatasi kulit kusam. Jika rutin dilakukan, perlahan kamu akan menemukan kulit wajahmu lebih cerah bercahaya tanpa membawa efek samping tertentu. Selamat mencoba!

 

Mengatasi Kulit Kusam (via CNN Indonesia)