Ini Waktu yang Tepat Lakukan Olahraga Setelah Melahirkan Caesar

Ini Waktu yang Tepat Lakukan Olahraga Setelah Melahirkan Caesar.

Bagi wanita yang melahirkan caesar diimbau tidak melakukan aktivitas berat seperti olahraga selama kurun waktu tertentu. Padahal mungkin banyak wanita yang ingin cepat-cepat melakukan olahraga setelah melahirkan. Lalu kapan waktu normal seorang wanita bisa olahraga setelah melahirkan caesar?

Mengutip American College of Obstetricians and Gynecologists mengungkapkan bahwa waktu wanita olahraga pasca melahirkan caesar dan normal itu berbeda. Biasanya wanita yang melahirkan normal lebih cepat pemulihan sehingga bisa lebih cepat juga berolahraga. Sementara untuk wanita yang melahirkan caesar biasanya butuh waktu sekitar 8 minggu atau 2 bulan jika mau berolahraga. 

Mungkin jika wanita tersebut mengalami masalah pada jahitan operasi seperti infeksi, waktunya akan lebih lama. Namun jika semua kondisi kesehatan baik-baik saja maka dokter akan memberikan lampu hijau bagi wanita tersebut berolahraga. Lalu olahraga apa saja yang aman dilakukan setelah melahirkan caesar?

Olahraga yang tergolong aman antara lain jalan santai, jalan cepat, senam kegel, berenang, dan yoga. Olahraga tersebut membuat tubuh sehat dan bugar namun tidak menyebabkan tekanan pada bekas luka operasi caesar. Khusus untuk berenang disarankan dilakukan setelah tubuh alami pendarahan di masa nifas.

Gerakan-gerakan ringan seperti mengangkat kedua kaki bergantian ke atas juga bisa dilakukan saat sedang berbaring di tempat tidur. Jika merasa bagian bekas luka jahitan operasi sakit, sebaiknya berhenti karena itu merupakan tanda jika wanita terlalu cepat untuk melakukan olahraga.

Saat melakukan olahraga usahakan dilakukan tidak terlalu lama di awal-awal. Cukup waktu 15-30 menit. Pilihan untuk berolahraga bisa dilakukan di dalam atau di luar rumah. Jangan lupa untuk membawa botol air minum sendiri supaya tubuh terhindar dari kekurangan cairan saat olahraga yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Ini Waktu yang Tepat Lakukan Olahraga Setelah Melahirkan Caesar (Haibunda.com)

Sementara itu soal jam kapan memulai olahraga sebenarnya bisa diatur sendiri. Misalnya dilakukan di waktu luang atau ketika bayi sedang tertidur. Jangan sampai terlalu fokus olahraga membuat bayi anda tidak mendapatkan perhatian. Bisa juga meminta bantuan suami untuk sementara menjaga si bayi selama sang ibu berolahraga.

Kelak setelah olahraga bisa dilakukan dengan rutin maka kebugaran bisa kembali didapatkan setelah beberapa bulan tidak melakukan olahraga. Otot-otot dalam tubuh yang menjadi kendur bisa kembali menjadi kencang karena olahraga yang dilakukan wanita pasca melahirkan. Dengan olahraga juga membuat berat badan bisa segera turun dan mendapatkan bentuk badan seperti semula.

Ini Waktu yang Tepat Lakukan Olahraga Setelah Melahirkan Caesar (Alodokter)