Manfaat Asam Jawa untuk Diet, Cocok untuk Kamu yang Mau Turun Berat Badan Secara Alami

Manfaat asam jawa untuk diet sehatmu, gak perlu lagi pakai produk aneh-aneh!

Untuk kamu yang suka asem, mungkin sudah gak asing dengan bahan masakan atau minuman yang satu ini, asem Jawa. Asem Jawa atau Tamarind paling umum digunakan untuk bahan memasak sayur asem atau dibikin minuman gula asem.

Namun siapa sangka, ternyata asem Jawa ternyata juga sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan terapi. Kandungan nutrisi pada daging buah asam Jawa memang diketahui bisa meningkatkan kesehatan.

Manfaat asam Jawa untuk diet juga ternyata cukup populer loh! Tak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga hati, dan mencegah penyakit jantung, asem Jawa juga dipercaya bisa mengurangi berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

# Kandungan Asam Jawa Bisa Memperlambat Produksi Lemak

Sebuah studi di tahun 2011 yang diterbitkan ‘Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutic’ pernah meneliti efek ekstrak Tamarindus Indica pada berat badan tikus yang sedang diet karena obesitas. 

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa ekstrak asam Jawa bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan tikus itu secara signifikan.

Sementara itu, pada tahun 2012, dalam sebuah ‘Journal of Natural Medicine’ dijelaskan bahwa beberapa dosis ekstrak asam Jawa memang bisa mengurangi lemak pada tikus. Namun, efek tersebut belum tentu bisa terjadi juga pada manusia.

Faktanya, zat asam hidroksitikit atau HCA pada asam Jawa merupakan zat yang bisa berpengaruh menurunkan berat badan. Universitas of Maryland medical Center juga telah menyatakan bahwa HCA dalam tamarindus indica dapat menghambat penyimpanan lemak tubuh

Meski begitu, efek penurunan berat badan yang diberikan asam Jawa sebenarnya tak terlalu besar.  Hanya saja, tubuh yang mengkonsumsi asam Jawa nantinya bisa menekan nafsu makan karena kadar neurotransmitter serotonin dalam tubuh meningkat.

Pencernaan juga bisa bekerja optimal karena kandungan HCA tadi, sehingga metabolisme tubuh pun bisa bekerja maksimal.

Baca juga: Gak Boleh Sembarangan, Begini Cara Diet untuk Penderita Maag

Pohon asam Jawa (suara.com)

# Kandungan Serat dalam Asam Jawa

Selain itu, asam Jawa kaya akan serat dan rendah lemak, sehingga bahan alami ini bagus untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat seperti polifenol dan flavonoid juga bisa meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan.

Serat yang tinggi bisa menekan rasa lapar sehingga menurunkan keinginan untuk terus makan.

Asam Jawa juga mengandung asam hidroksisirat yang bisa mengurangi napsu makan dan menghambat enzim amilase. Enzim ini bertanggung jawab mengubah karbohidrat menjadi lemak.

# Kaya Akan Antiosidan dan Vitamin C

Selain merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, asam Jawa juga kaya akan vitamin C. Karena kandungan vitamin C yang tinggi, asam Jawa bisa menjadi antiseptik alami yang bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh. Asam Jawa juga bisa melindungi diri kita dari berbagai infeksi virus dan bakteri.

Baca juga: Program Diet yang Cocok untuk Perempuan Sibuk

Asam Jawa yang sudah dikupas (review.bukalapak.com)

# Mendetoks Organ Hati

Kebiasaan makan dan gaya hidup yang tak sehat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah penyakit hati.

Sehingga, penting bagi kita untuk mendetoks hati kita sesekali untuk mencegah kerusakan hati. Apalagi bagi kamu yang suka minum alkohol dan memiliki lemak di organ hati.

Kamu bisa menggunakan Asam Jawa untuk mendetoksifikasi hatimu.

# Cara Membuat Minuman Asam Jawa

Siapkan bahan-bahan berikut ini: 

Asam Jawa

Air

Es batu

Madu atau gula

Cara membuat:

Cuci bersih asam Jawa dan buang semua bijinya. Siapkan panci berisi air dua gelas, lalu didihkan di kompor. Setelah air mendidih, masukkan asam Jawa, dan kecilkan api. Masak dengan api sedang.

Setelah beberapa menit, matikan api dan biarkan dingin. Saring minumannya dan kamu bisa tambahkan madu atau gula merah sesuai selera.

Itu tadi manfaat asam Jawa untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat menjalani program diet, semangat!

Minuman asam Jawa (tokopedia.com)