Jakarta Diguncang Gempa 5,6 Magnitudo, Tak Perlu Panik! Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menghadapi Gempa Bumi

Jakarta Diguncang Gempa 5,6 Magnitudo, Tak Perlu Panik! Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menghadapi Gempa Bumi

Hari ini, 21 November 2022, tepatnya pada pukul 13.21 WIB, Kota Jakarta diguncang gempa sebesar magnitudo 5,6. Gempa ini terjadi kurang lebih selama beberapa detik dengan kedalaman 10km.

Syukurlah, gempa ini tak berpotensi tsunami, dan sampai saat ini belum ada korban yang dilaporkan.

Nah, untuk kamu yang belum tahu dan berada di daerah rawan gempa. Coba pelajari beberapa tips menghadapi gempa berikut ini deh!

# Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

Ketika gempa terjadi, jangan panik ya! Lakukan beberapa hal di bawah ini sambil terus tetap tenang.

1. LINDUNGI kepala dan leher (dan seluruh tubuh jika memungkinkan) di bawah meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berlindung di dekatmu, turunlah di dekat dinding bagian dalam atau di samping furnitur rendah yang tidak akan menimpa Anda, dan tutupi kepala dan lehermu dengan lengan dan tangan.

Gempa di Jakarta (news.detik.com)

2. Pegangan pada tempat berlindung (atau pada kepala dan leher Anda) sampai goncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dengan tempat berlindung Anda jika goncangan menggesernya.

3. Jika kamu berada di dalam, tetaplah di dalam. JANGAN lari ke luar atau ke ruangan lain saat terjadi gempa. Kamu akan lebih aman jika tetap berada di tempat.

4. Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan meningkat, segera menjauh dari kaca, benda yang digantung, rak buku, lemari keramik, atau perabot besar lainnya yang dapat jatuh. Perhatikan benda-benda yang jatuh, seperti perlengkapan lampu, hiasan dinding, rak tinggi, dan lemari dengan pintu yang dapat terbuka.

Berlindung di bawah meja yang kokoh saat terjadi gempa (theasianparent.com)

5 Jika memungkinkan, ambil sesuatu yang bisa melindungi kepala dan wajah dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

6. Jika kamu berada di dapur, segera matikan kompor dan segera berlindung saat ada tanda-tanda akan terjadi goncangan.

7. Jika kamu berada di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepalamu dengan bantal. 

8. Jika kamu sedang berada di gedung bertingkat, tetaplah berada di gedung. Jangan gunakan lift! Jika kamu terperangkap, jangan panik, coba pukul-pukul benda logam di dekatmu untuk minta pertolongan.

9. Jika kamu sedang berada di atas kendaraan, berhentilah dulu. Dan injak atau pencet rem kendaraanmu. 

Itu tadi 9 hal yang bisa kamu lakukan saat menghadapi gempa. Kuncinya adalah tetap tenang dan lindungi kepala dan lehermu. Stay safe ya guise!

Simulasi menghadapi gempa bumi (indozone.id)