Cegah Osteoporosis dengan 5 Makanan yang Sehat untuk Tulang Berikut Ini

Cegah Osteoporosis dengan 5 Makanan yang Sehat untuk Tulang Berikut Ini

Seiring bertambahnya usia, menjaga pola makan sehat dan seimbang yang penuh nutrisi adalah bagian penting dari kesehatan tubuh dan tulang. Makanan dan suplemen tertentu dapat membantumu mencegah osteoporosis, bersama dengan banyak manfaat kesehatan lainnya.

# Makanan Terbaik untuk Osteoporosis

Kalsium, vitamin C dan Vitamin D merupakan bagian integral untuk mencegah osteoporosis. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan nutrisi tersebut akan meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko berbagai kondisi lain seiring bertambahnya usia. Berikut ini adalah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan tulang.

Buah & Sayuran

Lorong produk dikemas dengan nutrisi yang baik untuk Anda. Beberapa buah dan sayuran terbaik untuk pencegahan osteoporosis meliputi: Sayuran hijau seperti kangkung, sawi, bayam, dan sawi, brokoli, jeruk, jamur.

Siapkan buah-buahan dan sayuran dengan cara yang kamu sukai, dan makanlah beberapa porsi sehari untuk memberi tubuhmu nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Buah dan sayuran (tokopedia.com)

Protein tanpa lemak

Salmon dan tuna sangat tinggi vitamin D, yang membantu tubuh memproses kalsium. Ayam tanpa kulit dan daging tanpa lemak lainnya juga memberikan dosis protein yang sehat untuk mendukung kepadatan tulang dan pertumbuhan jaringan.

Sumber protein bagus untuk tulang (astronauts.id)

Telur

Telur adalah sumber vitamin D. Kuning telur khususnya dikemas dengan vitamin D, tetapi juga mengandung kolesterol. Makan telur secukupnya dengan berbagai makanan kaya vitamin D lainnya.

Kacang-Kacangan

Banyak jenis kacang merupakan sumber lemak sehat, protein, dan nutrisi yang baik seperti kalsium dan magnesium. Beberapa kacang yang ideal untuk pencegahan osteoporosis antara lain almond, biji bunga matahari, atau pistachio. Makan segenggam setiap hari sebagai camilan untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Kacang-kacangan sebagai sumber kalsium (hellosehat.com)

Makanan Fortifikasi

Makanan tertentu diperkaya dengan nutrisi tambahan. Beberapa sereal sarapan, jus jeruk, roti, dan lainnya telah menambahkan kalsium atau vitamin D untuk membantu mengonsumsi nutrisi tambahan. Jika kamu tidak toleran laktosa, atau tidak menyukai makanan kaya nutrisi tertentu lainnya, makanan yang diperkaya bisa menjadi alternatif yang baik.

Itu tadi 5 sumber makanan yang bisa mencegah diri kita dari osteoporosis. Semoga bermanfaat ya!