WADUH! Raja Charles III dan Camilla Dilempar Telur oleh Orang Tak Dikenal Saat Tur di Inggris, Siapa Pelakunya?

WADUH! Raja Charles III dan Camilla Dilempar Telur oleh Orang Tak Dikenal Saat Tur di Inggris, Siapa Pelakunya?

Saat sedang berjalan-jalan di York, Inggris, pada Rabu (9/11/2022). Raja Charles dan Camilla, Permaisuri, tiba-tiba dilempar telur oleh seorang pria yang diduga seorang pengunjuk rasa.

Ada sekitar tiga telur yang dilemparkan kala itu. Syukurlah, ketiga-tiganya meleset, sehingga Raja dan Permaisuri aman. Pasangan itu kemudian langsung diamankan oleh petugas.

Setelah insiden itu, beberapa petugas polisi kemudian dengan sigap menahan tersangka yang sedang berada di tanah di belakang pagar sementara yang didirikan di Micklegate Bar di kota untuk kunjungan raja.

# Ucapan yang Dilontarkan Si Pelempar Telur

Diketahui, pada saat melempar telur pria itu sempat terdengar mencemooh para bangsawan dengan meneriakkan "negara ini dibangun di atas darah budak" dan "bukan rajaku" saat dia ditahan oleh sekitar empat petugas polisi.

Salah satu telur tampak ditangkis oleh sheriff York, Suzie Mercer, yang merupakan bagian dari rombongan pejabat yang menyambut raja.

Pangeran Charles dan Camilla saat sedang berkunjung ke York (latimes.com)

Beberapa orang di antara kerumunan mulai meneriakkan "Tuhan selamatkan raja", sementara yang lain berteriak "malu" pada pengunjuk rasa.

Pria pelaku pelemparan telur ke Raja dan Permaisuri Inggris (fox35orlando.com)

# Agenda Raja Charless dan Permaisuri di York

Saat polisi menahan pria itu, Charles tampak tidak terpengaruh dan terus menyapa orang banyak. Dia mengambil bagian dalam upacara tradisional di mana penguasa secara resmi disambut ke York oleh walikota melalui gerbang ke kota.

Permaisuri raja dan ratu mengunjungi Yorkshire pada hari Rabu untuk melakukan sejumlah pertunangan. Mereka berada di York untuk menghadiri peresmian patung Ratu Elizabeth II, yang pertama dipasang sejak kematiannya.

Ketika upacara di York Minster, Charles mengatakan: “Almarhum Ratu selalu waspada untuk kesejahteraan rakyatnya selama hidupnya. Sekarang citranya akan mengawasi apa yang akan menjadi Queen Elizabeth Square selama berabad-abad yang akan datang.”

Patung 2 meter, dengan berat 1,1 ton dan terbuat dari batu kapur lepine dari Prancis, dirancang untuk merayakan Yobel platinum mendiang Ratu dan selesai pada Agustus, sebulan sebelum kematiannya.

Aduh, ada-ada aja si abang ah. Boleh protes atau mengeluarkan pendapat. Tapi enggak gitu juga caranya. 

Raja Charless III resmikan Patung Anumerta Elizabeth II (akurat.co)