9 Larangan yang Paling Sering Dilanggar di Indonesia, Kalian Termasuk Gak?

Sekurang-kurangnya, inilah 11 larangan yang paling sering dilanggar di Indonesia. Kalian termasuk gak? Kurang-kurangin deh....

Sebagai warga negara yang baik, sudah jadi kewajiban bagi kita untuk menaati semua peraturan yang berlaku. Ya biar tertib dan teratur. Biar disiplin, kan lingkungan juga bersih gitu, aman, damai, sentosa, sejahtera, gemah ripah loh jinawi. 

Mosok iya kalian gak mau?

Kalian pasti mau lah, tanah air kita tercinta ini jadi lebih sedap dipandang. Syaratnya ya cuma ikutin peraturan-peraturan yang berlaku aja.

Tapi gimana, kalian udah menaati peraturan yang berlaku di lingkungan sendiri belom? Kalo belom, pertanyaan "kapan negara kita mau maju?" ya bakal tetap setia dipertanyakan gengs.

Biar kalian tau nih, sekurang-kurangnya, inilah 11 peraturan yang paling sering dilanggar di Indonesia. Kalian termasuk pelanggarnya bukan nih?

1. Membuang sampah sembarangan

Sampah adalah persoalan kelas kakap di negeri ini. Seolah-olah, minimal barang sekali aja, kita pernah sekali melanggar larangan ini.

Padahal kita udah tau lho apa konsekuensinya... ya banjir, ya kotor, ya gak nyaman, ya banyak deh. Papan bertuliskan larangan membuang sampah juga udah banyak kok. Tapi ya tetep aja tuh.

Buang sampah aja masih begini... (riaupotenza.com)

2. Parkir sembarangan

Yang paling sering sih terjadi di bahu jalan raya. Padahal, di sekitar situ udah kepasang rambu "DILARANG PARKIR" gitu ya.

Pihak berwajib udah sering menegur dengan keras nih soal ini. Tapi pelanggaran untuk hal ini terus terjadi, mungkin kalian pernah melakukannya juga. 

Hmm... jadi inget siapa gitu yang pernah kena kasus ini. Terus doi malah nelpon siapa gitu.

Kalo gak mau begini ya jangan begini (macantua.com)

3. Merokok

Merokok emang gak baik buat kesehatan fisik,  dan finansial. Tapi, perusahaan rokok di negeri ini raksasa banget gengs. Problematis dan dilematis kan nih?

Soal dilarang merokok emang udah banyak orang yang bisa mematuhi sih di tempat-tempat tertentu. Tapi tetep ada aja yang melanggarnya. Kompleksitas tak berbatas gengs.

Merokok juga masih sembarangan aja nih? (mediaindonesia.com)

4. Berjualan di tempat yang udah dilarang

Soal ini ya... sebenernya kompleks juga sih. Kalo dari sudut pandang hukum ya jelas gak sesuai. Tapi ya kalo udah menyangkut soal "demi bertahan hidup", hmm... kalian punya ide soal ini gak?

Baiknya sih, ya... ditaati (get2iarea.blogspot.com)

5. Memutar arah

Waduh ini lagih. Padahal rambunya juga udah jelas terpampang di ujung separator jalan tuh. Tapi entahlah kenapa masih ada aja pengendara yang melanggar.

Ini kan demi keselamatan bersama ya, tapi... masih perlu mempertimbangkan pertanyaan "kapan negara kita maju" gak sih? Kalo mau sih, sebaiknya stop deh melakukan ini gengs.

Hmm... (safetysign.co.id)

6. Corat-coret

Gak tau kenapa corat-coret tuh asik banget sebenernya. Cuma kalo gak beraturan dan di sembarang tempat ya bikin repot juga gengs.

Yang paling sering nih biasanya di tembok... tembok rumah orang tapi. Kalo nggak ya di mana aja asal ada sisi luas kosong dan coret-coretannya bisa keliatan.

Padahal jaman sekarang udah ada lho wadah untuk corat-coret gitu. Terutama buat kalian yang punya jiwa seni. Coba Googling deh.

Corat-coret di sembarang tempat, tapi kadang pengen juga sih (brilio.net)

7. Nyerobot pas ngantri

Kalo ini sebenernya gak perlu pake aturan tertulis sih. Ini soal saling mengerti aja, ya bener-bener ngerti gitu lah siapa yang dateng duluan. Di mana posisi kalian sebelumnya saat ngantri.

Plis gengs, jangan serobot-serobotan. Kalian emang harus datang lebih awal biar gak ketinggalan. Biar cepet maju negara kitah!

Pasti bisa deh kita ngantri rapi begini (weborvos.hu)

8. Nginjek rumput

Sebenernya peraturan ini aneh juga sih. Apa urusannya ya rumput gak boleh diinjek-injek?

Ya jelas gak boleh lah kalo rumput itu yang ngurus orang lain. Apalagi kalo rumput itu dirawat dan dijaga kebersihannya.

Nah, para pelanggar larangan menginjak rumput juga punya alasan sendiri tuh. Kebanyakan mungkin akan mengatakan dalam hati, "aturan dibuat kan untuk dilanggar!" Hmm....

Hayo... siapa masih begini? (today.line.me)

9. Kebut-kebutan

Para pengendara setidaknya pasti pernah melakukan ini deh. Di jalan raya atau jalan sekitar kompleks rumah atau perkampungan.

Bukannya apa-apa sih, tapi ngebut di lingkungan yang udah ngasih imbauan untuk gak ngebut tuh kebangetan gengs. Belom lagi kalo kendaraan bermotor kalian punya suara knalpot yang gak woles.

Gengs... pahamilah kalo itu sebenernya mengganggu ketentraman. Hati-hati di jalan gengs. Taati peraturan. Negara kita pasti maju kok kalo kita sendiri udah mulai sadar tentang segala aturan yang dibuat.

Ngebut bukan sembarang ngebut gengs~ (surabayaonline.co)