4 Fakta Unik Masjid Jakarta Islamic Centre yang Terbakar, Nomor 1 Punya Masa Lalu Kelam

4 Fakta Unik Masjid Jakarta Islamic Centre yang Terbakar, Nomor 1 Punya Masa Lalu Kelam.

Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) yang berada di kawasan Koja, Jakarta Utara terbakar pada Rabu (19/10).Diketahui sumber api berasal dari lantai tiga bangunan yakni bagian kubah masjid yang sedang direnovasi.

Hal ini menjadi berita duka bukan hanya jamaah di sekitar Masjid JIC, namun juga jamaah di seluruh daerah. Pasalnya JIC menjadi masjid serta lembaga pengkajian dan pengembangan Islam di tanah air. 

Tau gak sih, mulanya kawasan JIC merupakan lahan bekas pelacuran. Kawasan ini kemudian dilokalisasi menjadi kawasan Masjid Raya yang kita kenal sebagai Jakarta Islamic Centre. Nah berikut berbagai fakta unik dan menarik seputar masjid JIC:

Tempat Prostitusi

Dikutip laman resmi Jakarta Islamic Centre, daerah Kramat Tunggak dikenal sebagai tempat prostitusi terbesar di seluruh kawasan Asia Tenggara. Di lokasi JIC memang dulunya memiliki masa lalu yang kelam. Namun kini daerah tersebut telah disulap menjadi Jakarta Islamic Centre sejak era Gubernur DKI, Sutiyoso. 

Tak Punya Tiang Penyangga

Luas bangunan Masjid JIC sendiri sebesar 2 hektar dengan daya tampung 20.000 jamaah. Meskipun begitu, masjid seluas itu tidak ada tiang penyangganya. Sang perancang, Ir. Noe’man memang spesialis merancang masjid tanpa tiang penyangga. 

Tanpa adanya tiang penyangga, maka membuat masjid tampak lebih luas. Masjid ini juga dinobatkan menjadi masjid tanpa tiang penyangga terbesar se-Asia Tenggara. 

Tempat Instagramable

Jika nanti beribadah ke masjid JIC, selesai ibadah jangan lupa mendatangi bagian selasar masjid yang mengitari halaman masjid. Selasar masjid digunakan untuk  para jamaah bisa beristirahat sembari menunggu waktu salat. 

Selasar ini juga bisa menjadi tempat melepas penat sambil duduk santai menikmati pemandangan masjid. Interior Selasar yang indah memberi nilai artistik sehingga para jemaah dapat mengabadikan foto di Selasar yang instagramable banget.

4 Fakta Unik Masjid Jakarta Islamic Centre yang Terbakar, Nomor 1 Punya Masa Lalu Kelam (Orbit Indonesia)

Bedug Raksasa

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre memiliki bedug dan kentongan raksasa dengan diameter 2.10 meter. Tak hanya menjadi alat penanda waktu sholat tiba, bedug dan kentongan raksasa ini menjadi salah satu ikon Masjid Raya JIC. (Riska Nurul Fatimah)

4 Fakta Unik Masjid Jakarta Islamic Centre yang Terbakar, Nomor 1 Punya Masa Lalu Kelam (Paragram.id)