Gak Cuma Buat Ibu Hamil, Gym Ball Juga Bisa Dipakai Untuk Mengecilkan Perut Pria Dan Wanita, Gini Caranya

5 latihan dengan gym ball yang membantu mengecilkan perut.

Beberapa dari kamu mungkin akan berpikir kalau gym ball hanya bisa dipakai untuk olahraga ibu hamil yang akan segera melahirkan. Di mana, pemakaian gym ball ini dipercaya membantu ibu hamil untuk memindahkan sang bayi ke posisi optimal sehingga persalinan normal lebih mudah serta mengurangi rasa nyeri persalinan dan nyeri kontraksi.

Padahal sebenarnya, gym ball juga bisa dipakai untuk mengecilkan perut demi memiliki bentuk yang ideal. Berlatih dengan bola gym ini juga dirasa sangat efektif membantu untuk mengecilkan perut buncit karena dalam prosesnya, otot inti pada tubuh dipaksa bekerja ekstra untuk menstabilkan tubuh. Dilansir dari Today.com, ini 5 latihan dengan gym ball untuk mengecilkan perut.

Crunches

Gerakan ini dimulai dengan mengistirahatkan punggung bagian bawah di atas gym ball. Letakkan tangan di belakang kepala dengan hidung mengarah ke langit-langit. Penting untuk diingat untuk menjaga bokong tetap terjepit saat melakukan latihan ini. Kemudian angkat tubuh seperti melakukan sit-up. Ulangi gerakan ini sampai perut merasa lelah.

Gerakan Crunches (Sports Regras)

Plank Steps

Gerakan ini mirip seperti mendaki gunung. Awalnya, posisikan tubuh tengkurap di atas gym ball dengan ditahan kedua tangan. Usahakan otot inti kamu tetap menstabilkan berat badan. Satu per satu, langkahkan satu kaki ke arah bola dengan menjaga pinggul sejajar dengan tanah. Pastikan untuk tidak memutar pinggul atau mengangkat bahu saat mengambil langkah ini.

Gerakan Plank Steps (Total Workout Fitness)

V-sit Up

Mirip dengan v-sit up biasa, kamu akan mulai dengan posisi berbaring telentang di lantai dengan gym ball di antara kaki. Kemudian, bawa bola ke atas menggunakan kaki. Maka secara bersamaan kamu akan melakukan crunch karena tangan diangkat ke atas untuk meraih bola. Pindahkan bola dari kaki ke tangan dan turunkan keduanya secara bersamaan. Ulangi gerakan ini dengan terus sambil memindahkan bola dari kaki ke tangan.

Gerakan V-sit up (Sunny Health and Fitness)

Roll Out

Mulailah dengan berlutut dan letakkan tangan di atas gym ball yang diposisikan di depanmu. Perlahan dorong bola menjauh dari tubuh, pertahankan lutut tetap pada posisi yang sama. Terus dorong bola sejauh yang kamu bisa, jaga agar hanya tubuh bagian atas tetap bergerak dan dada mengarah ke tanah. Kemudian gulung kembali ke arah tubuhmu dan ulangi selama beberapa kali. Hati-hati agar pinggul kamu tidak melorot selama latihan ini.

Gerakan Roll out (Bodybuilding Wizard)

Heel Touches

Latihan ini dimulai dengan menempatkan bola di antara kaki. Seimbangkan tulang ekor dan bersandar pada sudut 45 derajat. Saat menekuk lutut, bawa bola sedekat mungkin ke arah dada. Arahkan kedua tangan ke bawah untuk menyentuh tumit.

Heel Touches (ProsourceFit)