Ternyata Kecerdasan Buatan Bisa Lakukan 5 Hal Keren, Tapi Ngeri Juga Sih...

Ternyata kecerdasan buatan bisa lakukan 5 hal keren, tapi ya ngeri juga sih. Udah tau belom? Simak deh....

Kecerdasan buatan bisa lakukan hal-hal keren, tapi ngeri juga sih. Sebab, mereka juga diciptakan setidaknya emang untuk meringankan pekerjaan manusia. 

Kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) pernah disebut fisikawan Stephen Hawking sebagai sejarah terbesar umat manusia. Namun, di balik kemudahan yang diberikan, terdapat sejumlah perdebatan yang muncul. 

Beberapa di antaranya adalah pertanyaan seperti apakah AI akan lebih pintar dari manusia? Apa AI bisa menggantikan peran manusia? Atau sebuah ketakutan jika AI berkembang dan tak terkontrol lagi.

Sampe sekarang, AI masih dalam tahap riset untuk pengembangannya di masa depan. Sejauh AI berkembang sekarang, dikutip dari Kompas.com, ternyata kecerdasan buatan bisa lakukan 5 hal keren ini loh. Udah tau belom?

1. Bisa bikin cerita horor

MIT Media Lab telah membangun Shelley. Dia adalah kecerdasan buatan yang diciptakan untuk bisa menulis cerita horor. Shelley mempelajari jenis narasi yang muncul dalam cerita horor. Berikut keyword dan skenarionya.

Shelley telah mempelajari lebih dari 140.000 cerita horor yang dimuat di forum NoSleep-nya Reddit. Bahkan doi sudah bisa menulis sendiri cerita horor dari sumber acak, atau dari potongan teks pendek. Ngeri juga ya perkembangannya.

Cerita horor dari AI (cio.com)

2. Memprediksi rasa sakit

AI juga digunakan dalam dunia kedokteran. AI untuk bidang ini digunakan untuk menilai rasa sakit yang dirasakan pasien secara obyektif. AI itu diberi nama DeepFaceLIFT.

Dia akan mempelajari perbedaan ekspresi wajah melalui gerakan di sekitar hidung dan mulut. Dengan begitu, rasa nyeri seseorang bisa langsung diketahui. Pengembangan AI ini telah dipublikasikan di Hournal of Machine Learning Research Agustus 2017 lalu.

Prediksi rasa sakit bisa pake AI juga gengs (bumm.sk)

3. Membantu menemukan planet layak huni

Pada awal 2018 ini, peneliti dari Plymouth University, Inggris, mengungkapkan bahwa mereka sedang mengembangkan AI. Kecerdasan buatan ini merupakan jaringan saraf tiruan (ANN).

AI ini bisa memprediksi kemungkinan adanya planet yang memiliki kehidupan. ANN juga bisa memprediksi jumlah planet berpenghuni kok. Dengan ANN, kerja-kerja ilmuwan bisa lebih cepat, lagian juga lebih hemat waktu gengs.

Planet macem Bumi ditemukan lewat bantuan AI (quora.com)

4. Meramal masa depan(?)

Deep Mind adalah anak perusahaan Google. Mereka juga sedang mengembangkan kecerdasan buatan yang bisa memprediksi masa depan. AI milik Deep Mind ini akan menimbang beberapa keputusan serta membuat rencana masa depan. 

Masa depan yang dimaksud bisa aja cuma beberapa menit atau jam ke depan. Misalnya kalo kita meletakkan gelas di pinggir meja, bakal jatuh gak tuh gelas. AI ini juga bisa memprediksi di mana kita harus meletakkan gelas biar gak jatoh.

Kerennya, itu semua dilakukan tanpa instruksi manusia! Jika kemampuan AI itu terus dikembangkan bakal bisa punya kemampuan berimajinasi atau memikirkan masa depan tuh. Keren ya, tapi untuk beberapa kasus ya ngeri juga begitu tahu hasil prediksinya.

Ilustrasi kecerdasan buatan (cray.com)

5. Bisa membahayakan kehidupan juga

Kecerdasan buatan atau AI diciptakan untuk meringankan beban kerja manusia. Tapi di balik itu, AI juga bisa membahayakan kehidupan manusia. Hmm....

Seorang tokoh yang pesimis terhadap perkembangan AI ini adalah Elon Musk. Menurutnya, kelak akan ada individu atau kelompok yang bisa menciptakan AI seperti halnya Tuhan. Kalo udah kejadian, mereka bisa dengan mudah mengambil alih dunia tuh.

Semua ini terjadi karena kerja-kerja manusia rata-rata terhubung dengan komputer. Kalo misalnya AI mengambil alih, semua jaringan, sistem, atau hal-hal yang sifatnya mengancam seperti persenjataan di seluruh dunia bisa direbut dalam hitungan detik aja nih.

Ini lho bahayanya AI, minimal kata Elon Musk sih. Lagian, AI juga punya kemampuan hidup selamanya, manusia tidak. Karena itu, Elon Musk mengibaratkan AI sebagai diktator abadi.

Jadi gitu deh gengs, ternyata kecerdasan buatan bisa lakukan hal-hal keren, tapi ngeri juga sih. Ya semoga AI yang sekarang ada masih dalam tahap yang baik-baik aja deh.

Elon Musk (gazetemanifesto.com)