Ini Lho Perbedaan Essence dan Toner yang Sering Bikin Orang Salah Kaprah

Buat kamu yang sering menggunakan skincare, harus bisa mengetahui perbedaan essence dan toner biar enggak salah dalam mengaplikasikannya.

Buat kamu yang sering menggunakan skincare, pasti pernah mendengar tentang essence dan toner. Dua produk ini memang memiliki bentuk yang mirip, tapi dari segi fungsi ternyata beda lho. 

Karenanya, kamu harus tahu perbedaan essence dan toner biar enggak salah penggunaan. Nah, agar kamu enggak bingung lagi, berikut ini beberapa perbedaan keduanya yang harus kamu tahu!

Toner

Toner merupakan skincare berbentuk cair yang biasanya diaplikasikan setelah mandi dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. Toner biasanya dipakai sebelum pengaplikasian produk skincare lainnya. Hal ini bertujuan agar kandungan asam dari toner dapat membuat skincare lain terserap maksimal ke dalam kulit.

Perlu diketahui bahwa toner memiliki dua jenis, yaitu hydrating dan exfoliating. Toner hydrating biasanya digunakan untuk mengembalikan kelembaban kulit. Sedangkan toner exfoliating berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

Namun pada umum, toner yang dijual dipasaran memiliki fungsi sama, yakni menyeimbangkan pH alami kulit setelah mencuci wajah, melembabkan kulit wajah, mengatasi masalah minyak berlebih, dan menghilangkan jerawat.

Perbedaan Essence dan Toner (via Aido Health)

Essence

Jika toner memiliki tekstur cair seperti micellar water, berbeda dengan essence yang bertekstur lebih kental. Essence terbuat dari gabungan antara toner dan serum dengan kandungan konsentrasi yang lebih tinggi.

Essence mampu mengikat molekul air di dalam kulit sehingga kulit akan tetap terhidrasi dengan baik. Jika toner biasanya digunakan sebelum mengaplikasikan produk lainnya, sementara essence digunakan setelah toner dan sebelum yang lain.

Untuk cara penggunaan essence, tidak jauh beda dengan toner, yaitu dengan cara diusapkan, dan ditepuk-tepuk perlahan ke seluruh area wajah. Untuk fungsinya, essence sangat berguna untuk membantu peresapan skincare lain ke dalam kulit dan juga dapat mencegah penuaan dini.

Perbedaan Essence dan Toner (via Merdeka)

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan essence dan toner. Jadi kamu harus menggunakan keduanya ya untuk perawatan wajah agar hasilnya maksimal. Tapi jangan lupa memilih produk yang sesuai untuk jenis kulitmu ya!

Perbedaan Essence dan Toner (via KlikDokter)