Wow! 5 Olahraga Ini Paling Populer Di Dunia Dan Punya Penggemar Terbanyak, Sepak Bola Nomor Berapa Ya?

10 olahraga yang paling populer di dunia, sepak bola di posisi teratas.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang saat ini sudah menjadi bagian dari hobi masyarakat. Selain membuat tubuh tetap bugar, aktivitas olahraga juga memberikan manfaat untuk ajang melepas penat setelah berkegiatan rutin.

Di antara banyaknya cabang olahraga yang dikenal di dunia, ada beberapa olahraga yang sangat populer karena memiliki banyak penggemar. Apa saja ya olahraga populer di dunia? Berikut lima posisi teratas yang dikutip dari laman World Atlas.

5. Bola Voli – 900 Juta

Posisi ke-5 ditempati oleh voli. Olahraga satu ini cukup populer di Indonesia mulai dari di pedesaan, perkotaan sampai daerah pinggir pantai. Adapun permainan ini memiliki penggemar sebanyak 900 juta orang di seluruh dunia. Pengikut paling besar olahraga voli ada di wilayah Amerika Utara, Eropa Barat, Asia, Australia, serta Amerika Selatan.

4. Tenis – 1 Miliar

Selanjutnya di posisi keempat ada olahraga tenis. Sekitar satu miliar orang di seluruh dunia diperkirakan mengikuti olahraga tenis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang mengenal beberapa atlet tenis seperti Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic, hingga Serena Williams.

Olahraga Tenis (Media Indonesia)

3. Hoki – 2 Miliar

Permainan yang melibatkan dua tim untuk memasukkan bola ke gawang tim lawan dengan tongkat hoki ini bisa dimainkan baik di atas es maupun di lapangan. Ternyata, olahraga ini punya penggemar sampai 2 miliar. Hoki lapangan banyak dimainkan di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia. Sementara hoki es sangat populer di Kanada, Amerika Serikat dan Eropa Utara.

Olahraga Hoki (Kemenpora)

2. Kriket – 2,5 Miliar

Olahraga satu ini memang terbilang tidak begitu populer di Indonesia. Tapi di seluruh dunia, kriket punya basis pengikut sampai 2,5 miliar orang. Olahraga yang melibatkan dua tim, pemukul, lapangan besar, dan lari skor tersebut paling populer di Inggris, India, Pakistan serta Australia.

Olahraga Kriket (BeritaSatu)

1. Sepak Bola

Sepak bola menduduki peringkat teratas untuk olahraga paling populer dan punya banyak penggemar. Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang di seluruh pelosok dunia menyukai sepak bola, atau paling tidak tahu tentang olahraga asal China ini. Sepak bola diperkirakan memiliki penggemar di dunia sampai 4 miliar. 

Salah satu alasan kenapa sepak bola banyak diminati adalah sepak bola tidak membutuhkan peralatan mahal seperti olahraga lainnya. Pemain hanya memerlukan sebuah bola dan kemampuan untuk mengolah kaki. Jadi, siapapun bisa menikmati olahraga ini. Sepak bola juga sangat populer di Eropa, Asia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Afrika.

Olahraga Sepak Bola (Tirto.ID)