Jadi Lebih Bervolume, Begini Cara Mudah Mengatasi Rambut Lepek

Jadi Lebih Bervolume, Begini Cara Mudah Mengatasi Rambut Lepek

Bagi perempuan, rambut  merupakan mahkota yang perlu dijaga kesehatan dan keindahannya. Karena itu, cara mengatasi rambut lepek harus benar-benar diperhatkan agar kamu terhindar dari masalah rambut kempis dan terlihat berminyak.

Rambut lepek biasanya memiki ciri-ciri khusus seperti kulit kepala berminyak, akar rambut kempis dan kehilangan volumenya. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut lepek agar lebih terlihat bervolume dan sehat?

Penyebab Rambut Lepek

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi rambut lepek, lebih baik pahami dulu apa saja yang menyebabkan rambut menjadi lepek.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut menjadi lepek. Salah satunya adalah karena faktor genetik. Tentu kamu tidak bisa berbuat banyak kalau memang disebabkan oleh faktor genetik, namun kamu bisa mencegahnya dengan rutin keramas.

Tidak hanya itu, cuaca panas, debu, dan polusi juga bisa menyebabkan rambut lepek. Pasalnya tiga faktor tadi bisa mendorong peningkatan produksi minyak, dan mudah rontok serta kusam. Kalau kamu termasuk orang yang jarang keramas, ini juga bisa menjadi penyebab rambut menjadi lepek, terlebih kalau kamu punya jenis rambut lurus.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Cara Mengatasi Rambut Lepek (via Tribunnews)

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab rambut lepek, lantas bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak beberapa tips mudah berikut ini!

1. Mengubah Belahan Rambut

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut lepek, salah satunya adalah dengan cara mengubah arah belahan rambut. Bila biasanya kamu menggunakan arah belahan rambut pada bagian kanan, maka kamu bisa mencoba bagian berlawanan. Sebab, rambut yang paling tampak lepek biasanya adalah bagian yang lebih sering terekspos.

2. Menggunakan Dry Shampoo

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan dry shampoo agar rambut tidak lepek. Dry shampoo biasanya dikemas dengan berbagai macam bentuk, mulai dari spray hingga powder. Kamu tinggal menyiapkan brush dan sisir untuk meratakan dan kembali menata rambut.

3. Penggunaan Bedak Bayi

Cara Mengatasi Rambut Lepek (via C&F Store)

Terakhir, kamu bisa menggunakan baby powder untuk mengatasi rambut lepek. Bedak bayi dapat menyerap minyak dari kulit kepala sehingga mengurangi kelepekan. Aplikasikan bedak tabur pada rambut menggunakan kuas rias yang besar, lalu rapikan tatanan rambut menggunakan sisir.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi rambut  lepek? Cara di atas sangat mudah dilakukan dan akan memberikan hasil maksimal jika dilakukan dengan benar. Selamat mencoba, ya!

Cara Mengatasi Rambut Lepek (via Akurat)