Tips Buat Bunda Biar Kandungan Lemak di ASI Meningkat

Moms pasti ingin ASI untuk si kecil penuh gizi dan baik untuk pertumbuhannya bukan? Ini tips untuk bunda supaya kandungan lemak di ASI meningkat.

Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi usia 0-6 bulan. Komposisinya sangat cocok untuk usus bayi Anda dan  cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda. 

Salah satu komponen penting  ASI yang berpengaruh signifikan terhadap perkembangan otak bayi adalah lemak. Untuk itu, penting bagi ibu untuk meningkatkan kandungan lemak dalam ASI. 

Jenis lemak  dalam ASI tergantung dari makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu. Ada beberapa jenis lemak dalam ASI yang sangat penting bagi bayi, antara lain asam lemak omega-3 (docosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid (ARA)) dan asam lemak omega-6 (linoleic acid dan arachidonic acid).

Ada tiga cara utama yang  diketahui ibu menyusui untuk meningkatkan kandungan lemak dalam ASI-nya. Apalagi jika Anda ingin anak Anda bertambah gemuk.

Makan makanan yang seimbang

Asupan lemak ibu membantu menjaga kandungan lemak yang sehat dan kualitas ASI. Ibu menyusui sebaiknya rutin mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging tanpa lemak, telur, olahan kedelai, dan ikan tinggi lemak.

Kosongkan dada

Pastikan bayi Anda mengeluarkan ASI dari satu payudara sebelum beralih ke payudara lainnya. Ini memberi bayi Anda foremilk cair dan hindmilk tinggi lemak. Saat bayi menoleh ke sisi lain, payudara  terisi dengan foremilk. 

Ini mengurangi konsumsi  lemak Anda secara keseluruhan. Jika Anda perlu menggantinya, gunakan pompa payudara untuk menyimpan ASI Anda dan memberikannya kepada bayi Anda.

Pijat payudara

Memijat payudara dengan lembut saat menyusui  mendorong susu yang lebih kaya ke depan dan membersihkan saluran. Ini juga membantu meningkatkan drainase payudara dan meningkatkan kandungan lemak.