Tips Usir Bau Kaki Selamanya, Jadi Percaya Diri Lagi Deh!

Tips Usir Bau Kaki Selamanya, Jadi Percaya Diri Lagi Deh!

Ada yang mengalami masalah bau kaki ? Tidak usah berkecil hati. Bau kaki adalah masalah umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Namun jika tidak diatasi, bau kaki jelas mengganggu diri sendiri dan lingkungan yang pada akhirnya akan mengurangi kepercayaan diri.

Bau kaki berasal dari kelembapan karena keringat atau kondisi kaki dan sepatu yang tidak kering sempurna. Selain faktor di atas, bau kaki juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit atau kondisi medis, seperti stres berat, produksi keringat yang berlebihan (hiperhidrosis), perubahan hormon, dan infeksi jamur di kaki. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tips yang bisa dicoba:

1. Jaga Kaki Agar Tetap Kering

Sebelum mengenakan alas kaki, pastikan dulu kondisi kakimu kering sempurna. Penting untuk menjaga kaki, sepatu, dan kaus kaki tetap kering, karena bau yang tidak menyenangkan berasal dari kelembapan.

2. Pilih Kaus Kaki yang Menyerap Keringat

Cara Mencegah Bau Kaki (via Republika)

Selain mengganti kaus kaki jika dalam kondisi lembab atau basah, penting juga untuk memilih bahan kaus kaki. Pilihlah kaus kaki berbahan katun sehingga mampu menyerap keringat. Kamu juga bisa membawa kaos kaki cadangan jika beraktivitas menggunakan sepatu sepanjang hari.

3. Jaga Kebersihan Kaki

Cara Mencegah Bau Kaki (via Liputan6)

Cucilah kaki setiap hari saat mandi. Gosok-gosok kaki menggunakan lap yang telah dilumuri sabun hingga ke sela-sela jari, lalu bilas dan keringkan kaki secara menyeluruh. Kamu juga bisa merendam kaki secara berkala.

Rendamlah kaki minimal 20 menit di dalam air hangat yang telah dicampur garam atau cuka. Garam dan cuka baik digunakan karena dapat menarik kelembapan dari kulit, yang pada gilirannya membuat tempat yang kurang menarik bagi bakteri penyebab bau kaki untuk bertahan hidup.

Itulah berbagai cara menghilangkan bau kaki yang perlu di terapkan secara rutin. Selain menjaga kondisi kaki, pastikan juga sepatumu bersih dan tersimpan dengan baik, sehingga bau kaki  tidak datang lagi.  

Cara Mencegah Bau Kaki (via Grid)