Stop Percaya! Ini 4 Mitos Skincare yang Justru Bikin Kulit Bermasalah

Stop Percaya! Ini 4 Mitos Skincare yang Justru Bikin Kulit Bermasalah

Daily skincare routine kini bukan hanya tren, tapi sudah menjadi kewajiban untuk digunakan setiap hari demi mendapatkan kulit yang sehat. Namun sayangnya, masih ada mitos skincare  yang bertebaran, dan dipercaya banyak perempuan.

Padahal penggunaan skincare yang keliru dapat mengakibatkan munculnya masalah pada kulit. Nah, agar kamu terhindar dari masalah kulit yang lebih buruk, yuk pahami cara merawat kulit dengan benar. Melansir berbagai sumber, berikut ini deretan mitos skincare yang sebaiknya jangan dipercaya.

1. Produk yang Mahal Sudah Pasti Lebih Ampuh

Perbedaan harga tiap produk skincare biasanya dipengaruhi oleh kandungan zat aktif yang ada di dalamnya. Misalnya seperti kandungan ekstrak herbal pada serum pelembap yang hanya ditemukan di negara tertentu.

Bisa jadi kandungan tersebut hanya sedikit saja, namun kandungan utama produk serum pelembap mahal tersebut mungkin sama saja dengan asam hialuronat, gliserin, ceramide, atau bahan pelembap umum lainnya.

2. Kulit Berminyak Tidak Memerlukan Pelembab

Kata siapa kulit yang berminyak tidak membutuhkan pelembab? Meski berminyak, kulit tetap membutuhkan pelembab agar tidak mengalami dehidrasi yang mengakibatkan kusam dan jerawatan. Kulit yang sedang dehidrasi justru cenderung mengeluarkan banyak minyak.

3. Sunscreen Hanya Digunakan Ketika Cuaca Panas Saja

Skincare (via Tirto)

Banyak yang mengira bahwa sunscreen sebaiknya digunakan saat sinar matahari terlalu terik. Padahal sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, mempercepat penuaan kulit, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Karena itu meski cuaca sedang bagus sekalipun, kamu tetap harus menggunakan sunscreen. Oleskan tiap dua jam sekali, terutama jika kamu lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

4. Produk Skincare Disimpan dalam Kulkas

Kamu pasti pernah mendengar kalau skincare sebaiknya digunakan dalam lemari es atau kulkas untuk menjaga kandungan di dalamnya. Ini hanya mitos, ya. Skincare tidak perlu disimpan dalam kulkas. Untuk menjaga kandungannya, cukup simpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Nah, itu tadi beberapa mitos skincare  yang sebaiknya jangan dipercaya agar tidak menimbulkan masalah baru untuk kulit. Kalau kamu masih belum yakin, coba deh konsultasi dengan dokter tentang bagaimana cara merawat kulit dengan benar.

Skincare (via Super You)