Nggak Ada Lawan, Ini 5 Kota Terunik di Indonesia, Pernah ke Sini Nggak?

Nggak Ada Lawan, Ini 5 Kota Terunik di Indonesia, Pernah ke Sini Nggak?

Indonesia memang terkenal dengan budayanya yang beraneka ragam, serta destinasi wisatanya yang indah dan mempesona. Namun ternyata, ada beberapa kota terunik di Indonesia  yang bisa bikin kamu merasakan sensasi berbeda saat berada di sana. Penasaran kota mana saja di Indonesia yang termasuk kota terunik? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Kota Agats

Kota Agats yang terletak di Kabupaten Asmat, Papua ini memiliki keunikan semua bangunan, fasilitas umum, hingga jalanan didirikan di atas papan. Kok bisa, ya? Semua itu karena kawasan Kota Agats yang berlumpur, sehingga mustahil untuk mendirikan bangunan langsung di atas tanah berlumpur. Bahkan karena jalanan di sana dibangun di atas kayu atau papan, maka dari itu warga setempat hanya menggunakan sepeda atau motor listrik saja.

2. Gili Trawangan

Kota Terunik di Indonesia (via Hipwee)

Semua orang pasti mengenal destinasi wisata Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keunikan dari kota ini adalah pemerintah setempat tidak mengizinkan adanya kendaraan bermotor. Karena itulah udara di sana masih sangat segar dan bersih.

3. Alor

 

Kota Terunik di Indonesia (via Kilat)

Kota Alor terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di kota ini hanya memiliki sekitar 66 orang per kilometer luas wilayahnya. Wow, sepi banget ya sepertinya.

4. Banjarmasin

 

Kota Terunik di Indonesia (via DAILY VOYAGERS)

Percaya nggak percaya, tapi Banjarmasin merupakan kota pertama di Asia Pasifik yang melarang penggunaan sampah plastik sekali pakai lho. Kebijakan ini telah diterapkan sejak tahun 2016. Alhasil, Kota Banjarmasin berhasil mengurangi 54 juta lembar kantong plastik dalam 2 tahun sejak aturan tersebut berlaku.

5. Denpasar

Kota Terunik di Indonesia (via Celebes)

Siapa sih yang enggak tahu Denpasar yang berada di Pulau Bali? Dibalik kepopulerannya, ternyata Denpasar memiliki julukan unik, yaitu Parijs van Bally atau ‘Parisnya Bali'.

Julukan ini disematkan sejak zaman penjajahan Belanda, sebab Denpasar merupakan tempat pusat perbelanjaan dari beragam pakaian baik tradisional maupun modern.

Nah, itu tadi 5 kota terunik di Indonesia  yang beda banget dari yang lain. Kamu pernah ke sini nggak? Kalau belum, coba deh sempatin setidaknya sekali seumur hidup, biar bisa merasakan sensasi uniknya!

Kota Terunik di Indonesia (via SERUJI)