Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Kulit Mengalami Sunburn, Bisa Bikin Kulit Makin Tipis!

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Kulit Mengalami Sunburn, Bisa Bikin Kulit Makin Tipis!

Sunburn  merupakan reaksi kulit terhadap sinar UV yang ekstrim dan menunjukkan kerusakan parah. Biasanya kulit yang mengalami sunburn, akan ditandai dengan kulit yang kemerahan hingga belang pada bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian.

Penanganan yang kurang tepat bisa memperparah kondisi ini. Karenanya, jika kamu mengalami sunburn, jangan langsung melakukan 5 hal ini ya agar tidak makin memperburuk bekas kemerahan dan ancaman perubahan warna kulit. Yuk simak!

Eksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi kulit dengan face scrub dan body scrub saat kulit mengalami sunburn akan membuatnya terkikis dan menjadi lebih tipis serta kering. Dan nantinya akan muncul masalah kulit yang lebih serius.

Mandi dengan Air Panas

Mandi menggunakan air panas saat mengalami sunburn akan memperparah iritasi kulit. Lebih disarankan untuk mandi menggunakan air dingin, dengan tujuan untuk mendinginkan kulit yang sudah panas karena terbakar sinar matahari.

Memakai Pakaian Ketat

Perawatan Sunburn (via Hello Sehat)

Saat kulit mengalami sunburn, sebaiknya kamu membiarkannya bernapas lebih lega dengan tidak memakai pakaian ketat. Memakai pakaian ketat di atas kulit yang terbakar dapat menimbulkan peradangan, kulit yang melepuh parah, dan pembengkakan.

Menutupi dengan Riasan

Menutupi sunburn dengan riasan mungkin akan membuatnya lebih cerah, namun hal tersebut ternyata bisa meningkatkan risiko infeksi yang akan memperparah kondisi sunburn tersebut.

Mengelupas Kulit

Perawatan Sunburn (via Dream)

Salah satu ciri kulit yang mulai membaik akibat sunburn adalah terkelupas. Nah, biarkan kulit tersebut terkelupas dengan sendirinya, jangan ikut mengelupas kulit, ya. Lebih baik gunakan pelembab untuk membantu kulit mengelupas secara alami dan merata.

Itulah beberapa hal yang harus kamu hindari saat kulit baru saja terbakar sinar matahari. Nah, daripada kamu melakukan semua hal yang tidak boleh dilakukan saat kulit mengalami sunburn tadi, lebih baik kamu melakukan hal-hal yang bisa memulihkannya.

Kamu bisa mencoba mandi menggunakan air dingin, menggunakan aloe vera gel setelah mandi, minum banyak air putih, dan mengenakan pakaian lengan panjang yang dingin. Dengan begitu kulit yang mengalami sunburn  akan cepat dingin dan sembuh dengan sendirinya.

Perawatan Sunburn (via Klik Dokter)