Back to Nature, 5 Cara Festival Danau Sentani 2022 Perkenalkan Kearifan Lokal Papua

Back to Nature, 5 Cara Festival Danau Sentani 2022 Perkenalkan Kearifan Lokal Papua

Festival Danau Sentani 2022  tak lama lagi akan digelar. Setelah 3 tahun absen akibat pandemi Covid-19, acara tahunan ini akan kembali dilaksanakan pada 24-30 Oktober 2022. Uniknya, kali penyelenggaraannya akan bertepatan dengan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-6 yang diorganisir oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) serta HUT Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura ke-9 yang dirayakan setiap tanggal 24 Oktober.

Menurut Bupati Jayapura, Matius Awoitauw, acara yang digelar nanti akan fokus pada eksplorasi budaya dan keunikan Papua. Dihadiri oleh sekitar 2400 komunitas adat dari seluruh Indonesia, momen ini dirasa sangat tepat untuk menyuarakan kelestarian budaya, terkhusus untuk Papua.

“Kita mau tunjukkan di bulan Oktober tentang budaya dan keunikan Papua. Bersamaan dengan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara bersama-sama dengan saudara-saudara dari kurang lebih 2400an komunitas adat dari Aceh, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan seterusnya, akan berkumpul dengan kekhususan Papua bersama-sama dengan seluruh masyarakat adat se-Nusantara. Kita akan suarakan bagaimana keberagaman yang kita miliki untuk kesatuan, persatuan Indonesia yang kita suarakan,” ungkap Matius Awoitauw.

“Ini sangat luar biasa, akan terjadi keberagaman yang menyatu di Jayapura besok. Festival Danau Sentani kita selenggarakan dalam suasana itu. Tapi juga dengan Kebangkitan Masyarakat Adat ke-9 tahun, yang kita juga rayakan dalam waktu bersamaan. Sekaligus juga kita menyuarakan kelestarian budaya, tapi juga alam, lingkungan yang dimiliki oleh masyarakat adat di seluruh Nusantara. Untuk apa? untuk menjaga kelestariannya, untuk ketahanan, pangan, ketahanan energi. Kita akan menyuarakan itu semua dalam suasana itu,” lanjutnya.

Bupati Jayapura, Matius Awoitauw

Konsep yang diusung kali ini kembali ke alam, yang dipercaya mendukung keberlangsungan ke depan. Lalu bagaimana Festival Danau Sentani 2022 memperkenalkan budaya Papua dan melestarikannya? Berikut beberapa langkah nyata dan unik dalam acara, yang akan disuguhkan pada para hadirin.

1. Penginapan yang Merakyat

Festival Danau Sentani 2022

Sebagaimana umumnya acara akbar, Festival Danau Sentani 2022 ini juga menyediakan penginapan untuk perwakilan yang datang. Namun bukan di hotel mewah atau resort berfasilitas lengkap, pihak penyelenggara telah mempersiapkan rumah-rumah penduduk sebagai tempat menginap untuk kurang lebih 10 ribu para peserta, tamu, dan undangan yang akan hadir.

“Peserta ini kan nanti tinggal di rumah masyarakat, bukan di hotel. Jadi masyarakat sangat antusias untuk menyambut saudara-saudaranya. Mereka tidak berpikir ini ada masalah. Kita yang berpikir, di luar ini, wah Papua ini mengkhawatirkan, Papua ini menakutkan, di sana tidak. Mereka ingin untuk menyambut saudara-saudaranya dengan baik selama mereka ada di sana. Dan ini yang mau kita tunjukkan dalam kongres itu, kearifan lokal. Mereka aja mau tinggal di kampung-kampung dan mereka akan menjaga keamanan itu,” ungkap Matius Awoitauw.

2. Alat Makan dari Alam

Festival Danau Sentani 2022

Dalam acara ini, panitia juga berusaha seminimal mungkin menggunakan bahan plastik. Karenanya alat makan juga menggunakan bahan-bahan dari alam. “…Kita akan coba tidak menggunakan plastik, akan menggunakan bahan-bahan piring dan cangkir dari alam,” jelas Matius.

3. Pembibitan Ikan

Festival Danau Sentani 2022 (via Jubi)

Tema bahari juga menjadi salah satu yang ditinjolkan dalam acara ini. Hal ini akan terlihat dari sajian yang disuguhkan. Sejak beberapa waktu lalu, Pemda juga sudah menyediakan bibit ikan untuk dikembangkan, dan nantinya akan diolah sebagai hidangan untuk peserta, tamu, dan undangan.

4. Menu Umbi-Umbian

Festival Danau Sentani 2022 (via Berita Tagar)

Selain menu ikan yang menjadi ciri khas negara bahari, penyelenggara juga akan menyuguhkan makanan alam berupa umbi-umbian. Dengan demikian, setiap orang bisa merasakan nikmatnya kembali ke alam. “Kita usahakan suaranya boleh global, boleh nasional, tapi aksinya termasuk makanannya tetap lokal yaitu makanan Papua. Kita akan makan umbi-umbi…,” lanjutnya.

5. Hiburan Tradisional

Festival Danau Sentani 2022 (via Dream)

Dalam sebuah acara akbar, maka hiburan juga sudah pasti dipersiapkan. Mengingat acara ini bertema budaya, maka suguhan yang ditampilkan pun juga berkaitan dengan kesenian daerah Nusantara. Hal inilah yang akan menjadi daya tarik utama acara ini.

“Kemudian yang menarik mungkin nanti akan ada banyak sekali kolaborasi pertunjukkan seni antara anak-anak adat dari Papua dan dari tempat lain di Nusantara. Mungkin itu yang paling menarik,” lanjut Bupati Papua.

Festival Danau Sentani 2022  ini memang diharapkan dapat lebih melestarikan budaya Papua dan memperkenalkan kearifan lokalnya pada masyarakat luas. Selain itu, penyelenggara berharap hal ini bisa menarik perhatian lebih banyak orang sehingga mendukung pariwisata Papua. So, jangan sampai ketinggalan ya!

Festival Danau Sentani 2022