Polda Jatim Tangkap Dua Hacker Kelas Kakap yang Miliki Saldo ATM Hingga Ratusan Miliar

Polda Jatim Tangkap Dua Hacker Kelas Kakap yang Miliki Saldo ATM Hingga Ratusan Miliar

Senin, 8 Agustus 2022 lalu, tim Cyber Polda Jawa Timur bersama dengan anggota Polres Lubuklinggau berhasil menangkap dua hacker kelas kakap yang miliki saldo ATM hingga ratusan miliar Rupiah.

Kedua hacker tersebut diketahui bernama Frass, warga Kelurahan Marga Mulya Kecamatan Lubuklinggau Selatan II dan Ego, warga Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

# Kronologi Penangkapan Tersangka

Tersangka Frass ditangkap di kediamannya di Kelurahan Marga Mulya. Sementara Egi kala itu ditangkap di Pasar Kalimantan Lubuklinggau saat sedang berbelanja.

Dari kedua tersangka tersebut, diamankan satu mobil Mitsubishi Pajero Sport warna hitam dengan Nopol BG 1827 GC, rumah mewah di Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubulinggau Utara II, dan juga satu unit mobil Toyota Yaris warna oranye dan HRP warna putih.

Diketahui, Egi dan Frass berhasil meretas akun-akun besar seperti Shoppee, Cripto, Binomo, Bigcoin.

Tim Cyber Polda Jatim dan Polres Lubuklinggau (jatim.suara.com)

# ATM Berisi Uang Miliaran Rupiah Sudah Diblokir oleh Tim

Setelah berhasil menangkap dua hacker tadi, tim Cyber kemudian memblokir ATM yang kabarnya berisi uang miliaran Rupiah tersebut. Setelah dilakukan pengembangan, tim Cyber Polda Jatim juga memburu lima pelaku lainnya.

Saat ini, kata Kapolres kedua tersangka sudah diamankan dan dibawa oleh Tim Cyber Polda Jatim ke Mapolda Jatim untuk dilakukan diintrogasi lebih lanjut.

“Benar kemarin memang ada Anggota Polda Jatim datang ke Lubuklinggau, mereka datang mengamankan dua tersangka hacker. Yang datang kemarin juga mereka anak buah saya dulu,” jelasnya.

Foto barang-barang bukti yang diamankan (kominfo.jatimprov.go.id)

Dari pengakuan tersangka mereka sudah beraksi selama 5 tahun dan sudah ratusan miliar dibagikan kepada temannya. Mereka diketahui telah membeli rumah, mobil dan barang mewah dari hasil aksi tersebut.

Tersangka yang berhasil di tangkap (tribunnews.com)