Bedanya mobil buatan Eropa dan mobil buatan Jepang apa sih? Bukannya sama aja ya? Ya sama, kan sama-sama mobil, tapi bedanya cukup jelas terlihat kok.
Kalian perlu tau sih sebenernya, soalnya dua mobil pabrikan dua kawasan itulah yang paling laku keras di pasar automotif Tanah Air.
Kali aja gitu kalian mau beli mobil sekarang. Jadi, ada baiknya nih kalian tau bedanya antara mobil Eropa dan Jepang. Simak deh.
1. Kualitas mesin mobil Jepang sama Eropa gimana sih?
Sampe sekarang, kualitas mesin buatan Eropa emang jauh lebih unggul dari buatan Jepang. Paling kerasa di kekuatan mesinnya gengs.
Selain itu, penataan berbagai komponen di dalam mesin buatan Eropa juga tergolong lebih rapi ketimbang Jepang.
Mesin mobil Eropa (automotiveaddicts.com)
Di balik itu, mobil-mobil buatan Jepang lebih unggul soal irit bahan bakar, Eropa nggak. Tapi jelas lah, ada harga ada kualitas.
Mesin mobil Jepang (yarravalleytoyota.com.au)
2. Kemudinya gimana?
Mobil buatan Jepang emang lebih digandrungi di pasar automotif Indonesia. Yaiyalah, kita kan pake setir kanan. Kalo rakitan Eropa, setirnya kiri, tapi ada juga sih yang setir kanan. Pesen aja.
Setir kanan untuk mobil buatan Jepang (carbuyer.co.uk)
Mobil rakitan Jepang umumnya lebih laku di pasar Asia dan Asia Tenggara. Terlebih yang menggunakan setir kanan lho. Lagipula, cabang perusahaan automotif asal Jepang lebih banyak di sini. Eropa ada, tapi jarang.
Tapi ada juga mobil Eropa yang setir kanan tuh (prestige-car-sales.com)
3. Gimana kesannya?
Kesan pas beli mobil Eropa emang bangga sih. Soalnya, mobil-mobil pabrikan Eropa selalu mengedepankan kemewahan.
Sebaliknya, mobil-mobil pabrikan Jepang malah mengedepankan fungsi dan kesan sederhana. Rata-rata pemilik mobil di Indonesia gak pengen terlihat terlalu mencolok, jadi mungkin, pembelian mobil bikinan Jepang lebih laku di sini.
Ya emang berasa banget Eropanya (pinterest.com)
Kerasa Jepang banget gengs (hiveminer.com)
4. Proses pembeliannya gimana? Ribet mana?
Kita bisa melakukan pembayaran secara kredit kalo kita beli mobil buatan Jepang. Lagian, mobil-mobil rakitan Jepang biasanya lebih terjangkau buat masyarakat kita.
Mobil bikinan Eropa umumnya dibayar secara langsung alias tunai. Kalian bisa pikir-pikir lagi deh soal ini.
Belinya kudu cash gengs (autobytel.com)
Soalnya ya itu tadi, ada harga ada kualitas. Kalo cukup, beli mobil Eropa, sikat! Kalo nggak ya beli mobil Jepang aja. Pertimbangkan juga kalo jalanan udah tambah macet sekarang. Tapi pertimbangkan juga masalah keamanan dan kenyamanan.
Ya lumayan lah bisa nyicil dulu (drom.ru)
5. Ukuran gimana nih?
Ukuran itu penting lho! Nah, mobil-mobil Eropa punya ukuran yang besar karena umumnya, masyarakat Eropa punya badan yang besar-besar. Jadi kapasitasnya menyesuaikan.
Sementara mobil-mobil buatan Jepang ya pas lah. Gak kurang, gak lebih. Toh, posturnya orang Jepang ya mirip dengan postur tubuh orang Asia kebanyakan.
Kalo VW Combi mah ukurannya gede bangets~ (tinyhouseswoon.com)
Gimana, asik beli yang mana nih gengs?
Kalo mobil pabrikan Jepang mah pas-pas aja deh (mobilipo.com)
6. Target pemasarannya? Hmm...
Untuk target pemasarannya, mobil-mobil pabrikan Eropa emang jarang di Indonesia. Tapi gak menutup kemungkinan kok kalo kalian mau beli mobil Eropa, asal cukup lah uangnya.
Tapi, kalian juga perlu melihat kenyataan bahwasannya mobil bikinan Eropa lebih banyak digunakan orang-orang berduit dari kalangan atas aja tuh.
Kalo beli BMW kemahalan kali ya... (bmwblog.com)
Kalo mobil Eropa biasanya mahal-mahal, nah kalo mobil bikinan Jepang biasanya malah bisa menjangkau semua kalangan. Tapi tetep, sesuaikan kebutuhan kalian ya.
Pokoknya itu deh bedanya mobil Eropa dan Jepang. Kalian siapin uang dulu buat beli. Kalo ada uang lebih, beli dua-duanya juga oke, kece bangets~
Kalo mobil Jepang... ya pas lah buat kita-kita (gumtree.co.za)