Cuma Belasan, Ternyata Ini Alasan Drama Korea Memiliki Episode Sedikit

Cuma Belasan, Ternyata Ini Alasan Drama Korea Memiliki Episode Sedikit

Buat kamu yang hobi maraton drama korea , pasti tahu berapa rata-rata episode yang disuguhkan. Umumnya drama korea memiliki episode sedikit, tapi dengan cerita yang selalu bikin penasaran.

Pendeknya episode drama korea membuat penonton gemas, dan menginginkan ada kelanjutan dari season sebelumnya. Mereka merasa episode yang ditayangkan terlalu sedikit, dan belum puas menikmati serial drama tersebut. Apa sih alasannya?

1. Cerita Terkonsep dengan Baik

Dengan minimnya jumlah episode, maka penulis skenario berpeluang mengeksplorasi unsur-unsur intrinsik cerita jadi lebih intensif. Episode yang sedikit membuat cerita menjadi lebih fokus, tidak keluar dari konsep, dan pesan yang disampaikan juga lebih kuat.

2. Penonton Menjadi Lebih Puas

Meski episode yang dihadirkan terlalu singkat, namun semua itu bertujuan agar penonton merasa puas dengang cerita serial drama tersebut sehingga mereka akan menamatkan drama korea dengan konsisten.

3. Menghindari Kebosanan

Drama Korea (via Seleb Tempo)

Episode yang terlalu panjang, terkadang membuat penonton bosan dan akhirnya malas untuk menonton serial drama hingga akhir. Karena itu, episode drama korea dibuat pendek untuk menghindari kejenuhan atau rasa bosan dari cerita yang disampaikan.

4. Biaya Produksi

Dalam memproduksi sebuah serial drama, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu jika jumlah episode terlalu banyak dan tidak ternyata tidak mencapai target jumlah penonton, maka akan sangat beresiko.

5. Waktu Penonton yang Terbatas

Drama Korea (via Kompas)

Sasaran penonton drama korea biasanya adalah anak sekolah dan anak kuliahan yang tidak memiliki banyak waktu. Biasanya mereka menghabiskan waktu senggang dengan menonton drama. Jika episode yang ditayangkan berjumlah sangat banyak, maka mereka tidak akan pernah menonton serial drama hingga tamat.

Nah, itu tadi beberapa alasan drama korea  memiliki episode sedikit. Meski hanya belasan episode, tapi rata-rata penonton lebih puas dengan kisahnya. Sekarang sudah enggak penasaran lagi kan?

Drama Korea (via Kata Indonesia)