Daftar Penyakit yang Ditandai Munculnya Ketombe, Jangan Anggap Remeh Ya!

Daftar Penyakit yang Ditandai Munculnya Ketombe, Jangan Anggap Remeh Ya!

Ketombe biasanya hanya dianggap serpihan kulit mati di kelapa yang tidak berbahaya, yang hanya menimbulkan rasa gatal. Padahal ada beberapa penyakit yang ditandai dengan munculnya ketombe . Jadi jangan dianggap sepele ya. Nah, agar kamu lebih berhati-hati, melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyakit yang ditandai dengan munculnya ketombe. Apa saja?

Psoriasis

Penyakit autoimun Psoriasis ini umumnya menyerang jaringan kulit. Ketika penyakit ini menyerang, maka kamu akan mengalami peradangan kulit seperti gatal, kemerahan, bersisik, dan menebal. Parahnya peradangan kulit ini bisa muncul dimana saja, termasuk kulit kepala.

Serpihan sisik pada gejala psoriasis tampak seperti ketombe biasa, namun dalam kurun waktu yang cukup lama. Karena itu kamu perlu penanganan dokter untuk menghentikannya.

Eksim

Penyakit yang Ditandai Munculnya Ketombe (via OTC Digest)

Siapa sangka kalau munculnya ketombe dalam kurun waktu yang cukup lama juga bisa menjadi tanda penyakit eksim.  Eksim adalah gangguan kulit yang mempengaruhi kulit pada tubuh manusia, seperti wajah, leher, lipatan lutut, dan siku.

Penderita eksim akan merasakan rasa gatal yang luar bisa, kemudian muncul benjolan kecil seperti melepuh, kulit menebal, dan bersisik. Pengobatan eksim bertujuan untuk meringankan gejala dan perawatan pencegahan melalui body care atau skincare.

Dermatitis Seboroik

Penyakit Dermatitis Seboroik ditandai dengan bercak bersisik, kulit kemerahan, dan ketombe membandel. Namun gejala tersebut tidak hanya dirasakan pada kulit kepala, tapi juga pada wajah, sisi hidung, alis, telinga, kelopak mata, dan dada. Penyakit Dermatitis Seboroik  ini dapat mereda tanpa pengobatan, namun dibutuhkan perawatan bertahun-tahun.

Asma dan Infeksi Paru-paru

Penyakit yang Ditandai Munculnya Ketombe (via Orami)

Ketombe juga bisa menjadi tanda penyakit asma dan infeksi paru-paru. Ketika serpihan kulit mati berjatuhan ke bahu, maka kemungkinan besar akan terhirup dan menyebabkan infeksi paru-paru.

Nah itu tadi beberapa penyakit yang ditandai munculnya ketombe . Jadi mulai sekarang jangan anggap remeh ketombe ya. Karena bisa jadi itu adalah penyakit berbahaya.

Penyakit yang Ditandai Munculnya Ketombe (via Kompas Health)