Enggak Bisa Jauh dari Ponsel, Kenali Nomophobia yang Bisa Bahayakan Generasi Milenial

Enggak Bisa Jauh dari Ponsel, Kenali Nomophobia yang Bisa Bahayakan Generasi Milenial

Kamu pernah mendengar tentang istilah Nomophobia ? No Mobile Phone Phobia! Dengan kata lain, nomophobia merupakan kecemasan berlebih jika jauh dari ponsel. Bahkan para pengidapnya bisa merasa sangat marah jika dilarang menggunakan ponsel. Apa saja gejalanya?

Gejala Nomophobia

Mengutip Healthline, ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh orang-orang yang terkena sindrom nomophobia. Seperti apa?

1. Gejala Emosional

Orang dengan nomophobia akan menunjukkan gejala emosional seperti cemas, takut, dan panik jika tidak dapat menggunakan ponsel. Bahkan mereka bisa sampai marah-marah kalau dilarang menggunakan ponsel.

2. Gejala Fisik

Selain gejala emosional, ada gejala fisik yang ditunjukkan orang dengan nomophobia jika jauh dari ponsel mereka, yaitu sesak dada, sulit bernapas, gemetar, berkeringat, detak jantung cepat, bahkan kebingungan.

Ciri-Ciri Nomophobia

Nomophobia (via Plimbi)

Selain bisa dilihat dari gejala, ada juga beberapa ciri yang ditunjukkan orang dengan nomophobia. Apa saja ciri-ciri nomophobia?

1. Selalu Membawa Ponsel

Ciri nomophobia pertama adalah selalu membawa ponsel ke mana pun, seperti pasar, kebun, bahkan toilet.

2. Anti sosial

Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial, namun orang yang terkena nomophobia biasanya kurang bersosialisasi di dunia nyata. Dunianya adalah ponselnya.

3. Selalu Melihat Ponsel

Orang dengan nomophobia selalu sibuk mengecek ponsel meski tidak ada notifikasi. sebentar-sebentar melihat ke layar ponsel. Tidak peduli waktu rapat, belajar, atau bekerja.

Dampak Negatif Nomophobia

 

Nomophobia (via Emergency Live)

Jika dibiarkan, nomophobia ini bisa menimbulkan beberapa dampak yang bisa membahayakan diri sendiri. Apa saja dampak negatifnya?

1. Menimbulkan Masalah Fisik

Beberapa masalah fisik yang bisa dialami para nomophobia adalah nyeri leher, siku, tangan karena terlalu banyak menggunakan ponsel.

2. Produktivitas Kerja Terganggu

Karena terlalu sering melihat ponsel maka produktivitas kerja menjadi semakin menurun. Dan jika dibiarkan akan mengakibatkan stres.

3. Masalah Ekonomi

Selain fisik dan produktivitas kerja, keuangan juga terganggu karena kamu akan membutuhkan paket data dan pulsa secara berlebih.

Nomophobia (via HealthHub)

Nah sekarang sudah mengenal tentang nomophobia  kan? Kalau kamu merasakan ciri-ciri nomophobia, yuk segera diatasi agar tidak membahayakan diri sendiri. Mulailah hidup dengan cara sehat mulai sekarang!

Nomophobia (via Sosiologis)