Resep dan Cara Membuat Donat Paha Ayam, Jajanan yang Lagi Viral Nih

Tahu donat paha ayam? Penasara cara membuatnya? ini lho resep dan cara membuat donat paha ayam praktis.

Pecinta kuliner yang sering scrolling feed di Instagram pasti tahu makanan yang lagi viral ini. Sekilas sih nggak ada yang unik.

Sekali lihat, seperti paha ayam. Namun siapa sangka kalo makanan itu disebut donat paha ayam. Keistimewaan dari donat ini adalag bentuknya yang menyerupai paha ayam. 

Sebagaimana kita tahu, cara membuat donat umumnya menghasilkan bentuk bulat. Dengan taburan atau toping yang bermacam, donat menjadi salah satu makanan ringan yang paling mudah dibuat dan dikreasikan.

Nah, kalo donat paha ayam ini mulai viral setelah akun bernama Manty Ravika Butarbutar mengunggah cara membuat donat kreasinya ke Instagram. Jauh dari kata wajar, karena donat buatannya berbentuk paha ayam. 

Dan menurut penjelasan Manty, donat paha ayam bukanlah hal yang baru di daerah asalnya, Pulau Siantar, Sumatera Utara. Menurutnya, jajanan ini banyak dijual di sekitar tempat tinggal saat masa kecil. 

Donat paha ayam (mykitchengallery.blogspot.com)

Kalian penasaran bagaimana cara membuat donat paha ayam? Yuk simak resep dan cara membuat donat paha ayam di bawah. Bisa dibawa ke sekolah juga lho, gengs.

Resep

1. 10 gr susu bubuk (Manty menggunakan Dancow)

2. 1 butir telur dan diambil putihnya

3. 3 butir telur dan diambil bagian kuningnya

4. 10 gr ragi instan (Manty menggunakan Fermipan)

5. 1/2 sendok teh vanila cream

6. 80 gr gula pasir

7. 350 gr tepung cakra

8. 150 gr tepung segitiga

9. 150 cc air es (Manty menggunakan yang dingin banget)

10. 75 cc susu cair (Manty menggunakan susu cair merk Ultra)

Donat paha ayam (pinterest.com)

Setelah itu, masih ada beberapa bahan lagi yang disebutkan untuk melengkapi resep dan cara membuat donat paha ayam. Jangan sampai ada yang terlewat, gengs.

1. 100 gr butter anchor

2. 5 gr garam

3. Tusukan sate sesuai kebutuhan

4. Butter cream disesuai dengan kebutuhan

5. Meses warna-warni atau coklat, tentu dari kualitas yang terbaik lebih baik dengan takaran secukupnya.

Donat paha ayam (tokopedia.com)

Cara membuat donat paha ayam

1. Masukkan semua bahan pertama ke dalam wadah dan aduh hingga bahan-bahan tersebut mengering, lalu masukkan sisa bahan yang sama. Setelah itu uleni hingga semua bahan menjadi kalis.

2. Masukkan bahan kedua yang terdiri dari butter anchor dan garam pada adonan sebelumnya. Setelah itu, ulangi lagi untuk mengulani hingga jadi halus dan elastis.

3. Setelah itu, diamkan sejenak adonan hingga mengembang. Kurang lebih 30 menit. Lalu potong adonan kecil-kecil dengan berat yang sama.

Donat paha ayam (imgrumweb.com)

4. Bulatkan adonan dan cetak dengan bentuk mirip paha ayam hingga semua adonan habis digunakan.

5. Sekali lagi, diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipar dari ukuran sebelumnya. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam.

6. Jika sudah, goreng adonan dalam minyak dengan panas sedang. Kalo mau dibalik, cukup 1 kali saja hingga terlihat matang.

7. Oleskan butter cream lalu taburi meses hingga menutupi semua bagian donat. Donat paha ayam pun siap disajikan dan disantap.

Donat paha ayam (foodyas.com)

Nah, itulah resep dan cara membuat donat paha ayam yang dilansir dari akun instagram milik Manty. Gimana? Keliatan menarik, kan? Selain itu, kamu juga bisa membawanya ke sekolah, kampus atau tempat kerja. Eitz, jangan lupa minta teman-teman sekitar untuk mengicipinya, ya.

Donat paha ayam (tokopedia.com)