Iklan RCTI Jadul, Akhirnya Terjawab Kenapa Tv di Sawah Bisa Menyala

Ada Tv di tengah sawah bisa menyala. Hal itu terlihat dalam iklan RCTI zaman dulu.

Di era tahun 90-an RCTI sudah menjadi salah satu stasiun TV favorit pemirsa. Sebelum program acara tayang, biasanya ada iklan RCTI  yang menceritakan suasana menonton RCTI. Ada yang unik karena salah satu iklan RCTI menggambarkan suasana menonton tv di tengah sawah dan tak ada listrik.

Tentu banyak pemirsa yang bertanya-tanya kenapa tv di tengah sawah kok bisa menyala? Lokasi pengambilan gambar tersebut diambil di kawasan Garut, Jawa Barat, tepatnya di daerah Pantai Cipasanggahan. Pantai di selatan Jawa Barat ini memang berbatasan dengan persawahan.

Melansir dari ERA.id, ternyata tv itu bisa menyala karena tanaman padi menyimpan energi listrik yang begitu besar lho. Benarkah padi bisa menyimpan listrik dan bisa dipakai untuk menyalakan televisi? Ternyata hal itu sudah dibuktikan langsung oleh sejumlah mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang mengumpulkan electron dalam proses fotosintesis tanaman padi jadi aliran listrik.

Selain tanama padi, juga dibutuhkan batang karbon grafit elektron dengan ukuran kira-kira 7 cm X 5 cm x 1 cm sebagai anoda dan katoda, serta pot dan tanah yang berasal dari sawah, ditambahkan air dan pupuk kompos.

Semakin banyak penyiraman dan pemberikan kompos maka bisa menghasilkan peningkatan elektron untuk menghasilkan tegangan listrik yang semakin tinggi. Karbon grafit itu berguna sebagai anoda akan ditanam di bawah tanaman padi. Sementara itu satu korban grafit diletakan di atas tanaman.

Hasil metabolism menghasilkan beberapa unsur, mulai dari CO2 dan ir, sementara sampingannya adalah elektron yang dimanfaatkan sebagai listrik, karena semakin tua padi maka akan semakin banyak menghasilkan elektron.  Elektron akan diserap oleh anoda dan disalurkan ke katoda dan menghasilkan aliran listrik.

Iklan RCTI Jadul, Akhirnya Terjawab Kenapa TV di Sawah Bisa Menyala (Tribunstyle)

Tentu selain menghasilan aliran listrik dari padi di sekitar lokasi syuting iklan, ternyata pihak RCTI dalam hal ini kru produksi juga menyiapkan beberapa genset sebagai bantuan agar tv bisa menyala meskipun berada di tengah sawah.

Kira-kira itulah dua jawaban kenapa tv di iklan RCTI bisa menyala. Tentu penggunaan padi bisa saja dicoba untuk menjadi tenaga listrik jika sewaktu-waktu ada kondisi darurat di tengah sawah.

Iklan RCTI Jadul, Akhirnya Terjawab Kenapa TV di Sawah Bisa Menyala (YouTube Ridwan Septian)