Keren! Hasil Jepretan Pertama dari Teleskop Termahal NASA Ternyata Adalah Galaksi Berusia Miliaran Tahun!

Keren! Hasil Jepretan Pertama dari Teleskop Termahal NASA Ternyata Adalah Galaksi Berusia Miliaran Tahun!

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA konon adalah teleskop termahal dan tercanggih di dunia. Sejak Desember 2021, teleskop ini sudah mengangkasa dan melakukan fungsinya.

Pihak NASA kemudian memamerkan foto pertama yang dijepret teleskop ini Senin 11 Juli 2022 kemarin.

Jika dilihat sekilas, gambar pertama hasil dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA yang baru mungkin tidak terlalu luar biasa.

Namun pada kenyataannya, apa yang tampak sebagai bintik kecil di luar angkasa sebenarnya adalah galaksi yang berusia miliaran tahun.

Apa yang terlihat dalam gambar ini adalah beberapa galaksi pertama yang terbentuk di alam semesta. Lebih banyak gambar yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb seharusnya dapat mengungkapkan galaksi mana yang jauh, jauh yang dapat dihuni.

Presiden Biden menyebut pengungkapan hari Senin (12/07) kemarin sebagai "hari bersejarah."

# Fungsi Teleskop Luar Angkasa James Webb

Teleskop Luar Angkasa James Webb yang bernilai $10 miliar telah bekerja sejak Desember 2021.

Foto pertama yang diambil Teleskop James Webb NASA (flyingmag.com)

Para insinyur juga telah memeriksa instrumen, menyelaraskan cermin dan membiarkan teleskop menjadi dingin sehingga instrumennya berfungsi dengan baik.

"Webb dibangun untuk menemukan galaksi generasi pertama yang terbentuk setelah big bang," kata Jane Rigby, ilmuwan proyek operasi untuk teleskop. "Itulah tujuan inti ilmu yang dibangun untuk dilakukan."

Sebelum teleskop terbuka untuk misi bisnis, teleskop ini digunakan untuk observasi rilis awal. Ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa teleskop itu berfungsi, dan seperti yang dikatakan Rigby, "dimaksudkan untuk menjadi sangat indah, kuat baik secara visual maupun ilmiah."

Perbedaan kualitas foto yang diambil oleh berbagai teleskop, James Webb paling kanan (medium.com)

Selain gambar yang berisi galaksi paling awal yang pernah terlihat, NASA juga akan merilis gambar pembibitan bintang di mana bintang-bintang terbentuk yang disebut Nebula Carina, Nebula Cincin Selatan, dan sekelompok galaksi yang ditemukan pada tahun 1787 yang disebut Kuintet Stephan.

Juga akan ada analisis cahaya yang berasal dari planet raksasa yang mengorbit di luar tata surya kita dengan nama biasa WASP-96b.

Wah, gila keren banget nih teleskop!

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA (tweaktown.com)