Enggak Cuma Puasa, Ini Amalan di Bulan Zulhijah yang Istimewa

Enggak Cuma Puasa, Ini Amalan di Bulan Zulhijah yang Istimewa

Bulan Zulhijah  telah tiba, artinya tidak lama lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang telah ditetapkan pemerintah akan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 mendatang.

Nah, selain Bulan Ramadhan, di Bulan Zulhijah ini juga ada amalan-amalan yang istimewa dan bisa mendapatkan ganjaran berlipat. Salah satunya adalah puasa. Namun selain puasa, sebenarnya ada amalan lain yang bisa kamu lakukan untuk meraih pahala dari Allah SWT. Apa saja amalan tersebut. Berikut daftarnya.

1. Zikir

Amalan lain di bulan Zulhijah yang bisa kamu lakukan adalah berzikir. Amalan berzikir ini lebih diutamakan pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Rasuulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

“Maka perbanyaklah di hari-hari tersebut dengan tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad, Shahih)

Kamu enggak harus khusus berzikir sehabis salat. Tapi kamu bisa berzikir di mana saja, bahkan melakukannya sambil bekerja.

2. Membaca Al Quran

Bulan Zulhijah (via Merdeka)

Sebagai umat muslim sangat dianjurkan mengkhatamkan Al-Quran di 10 hari pertama bulan Zulhijah. Kamu bisa menyiasatinya dengan membaca 3 juz setiap harinya. Kamu bisa membaca Al-Quran per 3 lembar setiap sebelum dan sesudah salat wajib. Dijamin kamu akan selesai dalam waktu 10 hari jika rutin melakukannya.

3. Sedekah

Bulan Zulhijah (via Suara)

Bersedekah bisa dilakukan setiap hari, terlebih pada 10 hari pertama bulan Zulhijah,kamu wajib nih memperbanyak sedekah. Seperti firman Allah dalam Surat Al Munafiqun ayat 10, yang artinya:

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan ku sampai waktu yang dekat, sehingga aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih.” (Qs. Al Munafiqun: 10).

4. Berkurban dan Salat Idul Adha

Bulan Zulhijah (via Galamedia News)

Pada bulan Zulhijah kamu juga bisa mengerjakan salat Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Selain itu, jika ada rezeki lebih, kamu bisa berkurban binatang ternak seperti domba, kambing, dan sapi.

Nah itu tadi amalan di bulan Zulhijah  yang istimewa yang dianjurkan untuk dikerjakan selain berpuasa. Ternyata bukan hanya berpuasa, ada banyak amalan lain yang juga membawa keutamaan. Yuk kita beribadah!

Bulan Zulhijah (via Tirto)