Wabah PMK Masih Ada, Begini Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat

Untuk yang ingin berkurban saat Idul Adha, kamu wajib mengetahui cara memilih hewan kurban yang tidak tertular wabah PMK. Simak ulasannya!

Sejak Mei 2022 diketahui wabah PMK  sudah menyebar ke 16 provinsi di Indonesia. Wabah Penyakit Mulut dan Kuku ini memang cukup meresahkan karena bisa mengancam kesehatan konsumen daging.

Karena itu kamu wajib memperhatikan kriteria hewan yang boleh dijadikan hewan kurban. Pasalnya, jika tidak memenuhi kriteria, maka hewan kurban yang disembelih menjadi tidak sah.  Lalu bagaimana cara memilih hewan kurban yang bagus? Berikut ini penjelasannya!

1. Cek Kesehatan Hewan Kurban Sebelum Membeli

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat memilih hewan kurban adalah melakukan cek kesehatan hewan terlebih dahulu. Pengecekan ini meliputi intensitas air liur, bercak-bercak di mulut, dan kondisi kuku hewan. Jika kamu melihat adanya gejala PMK, maka lebih baik jangan membeli hewan ternak tersebut.

Akan lebih baik lagi, jika hewan ternak tersebut memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dokter hewan sebagai bukti bahwa hewan ternak tersebut benar-benar sehat.

2. Membeli Hewan Kurban Saat Mendekati Idul Adha

Memilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK (via Suara)

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) memerlukan masa inkubasi sekitar 14 hari. Hal ini sangat memungkinkan hewan kurban yang sehat saat dibeli tiba-tiba terjangkit PMK karena saat membeli masih dalam masa inkubasi virus. Karena itu, jika kamu membeli hewan kurban saat mendekati Idul Adha, maka hal tersebut dapat dicegah.

3. Jangan Membeli Hewan Kurban dari Luar Daerah

Memilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK (via Kompas)

Distribusi hewan lintas wilayah diawasi secara ketat, terlebih untuk wilayah zona merah PMK. Karena itu, alangkah lebih jika kamu membeli hewan kurban di daerahmu sendiri.

Hal ini akan meminimalisir terjadinya penularan PMK antar hewan. Namun jika kamu ingin membeli hewan kurban dari luar daerah, pastikan hewan ternak tersebut memiliki SKKH dari dokter hewan.

Nah itu tadi beberapa cara memilih hewan kurban yang sehat di tengah wabah PMK  yang masih merebak. Semoga informasi ini bermanfaat dan ibadah kurban yang kamu jalani diterima oleh Allah SWT.

Memilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK (via InfoPublik)