Kota-Kota di Dunia yang Sama Sekali Gak Ada Mobilnya, Kok Bisa Ya?

Kota-kota ini gak ada mobilnya sama sekali. Kok bisa gitu ya? Simak deh ulasannya.

Kota umumnya identik dengan pergerakan yang cepat. Masyarakatnya biasa menggunakan berbahai alat transportasi untuk berpindah tempat atau berbagai keperluan lainnya. Umumnya sih kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, atau kendaraan umum lainnya.

Tapi ternyata, kota-kota ini gak ada mobilnya sama sekali. Kendaraan bermotor ada, tapi dalam wujud yang lain. Bagus sih, lingkungan jadi terjaga kebersihannya.

Kalo gitu, sebagaimana dikutip dari laman Businessinsider.com, simak deh kota-kota di dunia yang sama sekali gak ada mobilnya. Kenapa bisa gitu ya?

1. Hydra, Yunani

Hydra merupakan sebuah pulau yang terletak di Laut Aegea. Persisnya di antara Teluk Saronic dan Argolic. Kota utama di pulau itu adalah Hydra Port, sebuah kota Yunani klasik.

Di sana cuman ada rumah-rumah bercat putih. Terlihat seperti saling bertumpukan di bukit. Pemandangannya pun amazing banget karena lautnya biru dan bersih.

Kota ini asri, bersih, tentram, damai. Gak ada mobil satu pun di jalan-jalannya. Sebagai gantinya, mereka masih menggunakan sistem transportasi kuno seperti kereta kuda atau kudanya aja gitu.

Kota Hydra di Yunani, bagus ya gengs (greekboston.com)

2. Vauban, Jerman

Kota Vauban di Jerman sengaja dibangun sebagai daerah yang ramah lingkungan dan sosial. Kota ini dibangun dengan sebuah aturan, tidak memperbolehkan mobil satu pun masuk ke kota ini.

Meski begitu, terdapat pusat bisnis, taman kota, hingga sekolah. Vauban bikin warga yang tinggal jadi sehat karena udaranya segar. Tak ada polusi berlebih di kota ini.

Vauban kini dihuni oleh sekitar 5.000 jiwa. Bayangin aja, sehat-sehat deh tuh semua warganya.

Kota Vauban di Jerman (ecotelhado.com.co)

3. Fire Island, Amerika Serikat

Pulau Api atau Fire Island terletak di New York, Amerika Serikat (AS). Meski namanya begitu, kota ini gak ada mobil sama sekali. Kenapa?

Kota ini punya terletak di pulau yang luasnya gak gede-gede amat. Jadi ngapain gitu punya mobil di sana? Warganya pun menggunakan gerobak untuk melakukan aktivitas dan membawa beberapa 

Fire Islands, New York, AS (flickr.com)

4. Paqueta, Brasil

Paqueta juga merupakan sebuah pulau di Brasil. Pulau itu sebelumnya dihuni oleh Suku Indian Tomoio. Mereka hidup di bawah tanah untuk membuat pertahanan dan perlindungan diri.

Pulau itu juga tergolong bersejarah. Misalnya, Suku Tomoio bergabung bersama Portugis ketika Prancis menginvasi daerahnya. Semua juga tentang perjuangan hidup Suku Tomoio melawan kolonialisme.

Hingga kini, pulau itu sama sekali tak tersentuh kendaraan macam mobil. Jalanan kota ini juga dibuat dari batu-batuan. Tujuannya adalah menjaga kelestarian pulau dan mempertahankan kemiripannya dengan jaman dulu.

Kota Paqueta di Brasil (tripadvisor.com.br)

5. Giethoorn, Belanda

Sistem kanal di Belanda emang udah terkenal banget. Di beberapa kota besar, kita tentu bisa menjumpai mobil seliweran di jalan raya. Kecuali sebuah kota bernama Giethoorn.

Di Giethoorn, kita gak bakal menemukan mobil. Sebab, lalu lintas di kota ini berjalan di atas air. Ya, kanal-kanallah yang membuat mobilitas di kota itu jadi mungkin.

Kota ini, konon, didirikan oleh sekelompok buronan pada 1230 silam. Kota ini sangat indah dan memiliki banyak kanal. Transportasi andalannya ya jelas perahu.

Jika musim dingin tiba, turis akan berduyun-duyun menyerbu kawasan kota ini untuk bermain ice skating. Seru ya~

Tuh, gak ada jalan beraspalnya di Giethoorn (mylittleadventure.com)