Pengakuan Para Korban Investasi Yusuf Mansur, Gak Tanggung-Tanggung Total Kerugian Capai Rp46 Miliar!

Pengakuan Para Korban Investasi Yusuf Mansur, Gak Tanggung-Tanggung Total Kerugian Capai Rp46 Miliar!

Kasus dugaan investasi bodong ustaz Yusuf Mansur di bidang batu bara tak kunjung selesai, malah kian ruwet. Pasalnya, korban yang mengaku dirugikan semakin hari makin bertambah. Mereka pun tak segan menggeruduk rumah sang ustaz. Nominal total kerugiannya pun cukup fantastis, yaitu Rp 46 miliar.

Berikut ini cerita para korban yang mengaku awalnya tergiur dengan investasi tersebut karena ceramah sang ustaz.

# Cerita Pengakuan Korban Investasi Yusuf Mansur

Kasus investasi ini bermula di bulan April 2009. Saat itu Yusuf Mansur diundang mengisi ceramah di Masjid Darussalam, Kota Wisaya Cibubur. Saat itu Yusuf Mansur memberi ceramah soal sedekah.

"Seminggu sebelumnya, beliau datang khusus (pada) subuh untuk ceramah, terkait proyek investasi," kata Nur Khaliek, pengurus Masjid Darussalam saat ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu 22 Juli 2022.

Para korban investasi Yusuf Mansur menggeruduk rumah Yusuf Mansur (tribunnews.com)

Kemudian Yusuf Mansur mulai menyinggung soal investasi batu bara kepada jamaah di masjid tersebut. Menurut Nur Khaliek, Yusuf Mansur menjanjinkan banyak keuntungan.

"Proyek ini berorientasi, mengajak jamaah masjid Darussalam kaya di dunia dan akhirat," ucap Nur Khaliek. Menurutnya, kala itu Yusuf Mansur bercerita, akan membagi dua keuntungan tersebut. 50 persen diantaranya akan disedekahkan untuk membangun Pesantren Daarul Qur'an.

"Catat ini! Pada saat itu dia sebagai komisaris utama," kata Nur Khaliek. Jama'ah mulai tertarik. Selama satu tahun ada 250 orang yang ikut investasi tersebut. Total investasinya sekitar Rp46 miliar. Masalah muncul di kemudian hari.

"Masih berkoar untuk bisa melanjutkan. Bahkan mengembalikan modal investasi secara mencicil," ucapnya. Cicilan sudah diberikan, namun tidak sampai setengahnya. Menurutnya, ada sekitar Rp3 miliar yang kembali namun sisanya belum ada kabar hingga saat ini.

Bisnis-bisnis Ustaz Yusuf Mansur (solopos.com)

"Jadi masih ada lebih dari Rp 40 miliar yang belum dikembalikan. Sisa inilah yang kami tuntut untuk 250 jamaah," katanya.

Para korban berharap, pihak Yusuf Mansur bisa mengembalikan dana tersebut. Mereka butuh kejelasan karena beberapa di antara investor sangat memerlukan uang itu.

Sementara itu, sang ustaz saat ini masih berada di Yaman, dan belum bisa dimintai keterangan.

Waduh, makin runyaaaam~

Yusuf Mansur ketika memberikan pengajian (unsyiah.ac.id)